Jawab Soal Aktivitas Belajar 3 tentang Gotong Royong, Materi PKn Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Sabtu, 10 September 2022 | 14:00 WIB
Adanya perilaku gotong royong membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. (unsplash/Randy Fath)

adjar.id Gotong royong merupakan bentuk identitas dan kekayaan dari budaya Indonesia.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain.

Oleh karena itu, dalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya gotong royong, kerja sama, dan sikap saling membantu.

Tujuannya agar berbagai masalah yang dihadapi bisa selesai dengan mudah.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan kelas 10 Kurikulum Merdeka terdapat soal Aktivitas Belajar 3 di halaman 50.

Pada soal tersebut terdapat beberapa pertanyaan mengenai gotong royong di lingkungan sekitar.

Nah, agar bisa menjadi referensi bagi Adjarian, dalam menjawab soal tersebut yang menjadi materi PPkn kelas 10 Kurikulum Merdeka.

O iya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama (tolong menolong, bantu membantu).

Secara harfiah, gotong royong adalah mengangkat beban secara bersama-sama agar beban menjadi ringan.

Gotong royong lahir atas dorongan kesadaran dan semangat untuk mengerjakan sesuatu secara bersama-sama, serentak, dan beramai-ramai.

Yuk, kita simak jawaban dari soal Aktivitas Belajar 3 di halaman 50 berikut ini, Adjarian!

Baca Juga: Jawab Soal Uji Pemahaman Tentang Gotong Royong, Materi PPKn Jelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Aktivitas Belajar 3

1. Apakah yang disebut dengan gotong royong?

Jawaban: Gotong royong secara harfiah adalah mengangkat beban secara bersama-sama agar beban menjadi ringan.

Gotong royong ini lahir dari dorongan kesadatan dan semangat untuk mengerjakan sesuai secara bersama-sama, serentak, dan beramai-tamai tanpa memikirkan keuntungan pribadi.

2. Sebutkan praktik-praktik gotong royong yang ada di sekitarmu!

Jawaban: Beberapa praktik gotong royong yang terjadi di antaranya:

-       Gotong royong membersihkan lingkungan.

-       Gotong royong memperbaiki jalan yang rusak.

-       Gotong royong membersihkan ruang kelas dan sekolah.

-       Gotong royong membersihkan halaman rumah.

-       Gotong royong membersihkan saluran air.

Baca Juga: Gotong Royong: Makna dan Contoh, Materi PPKn Kelas 10 Kurikulum Merdeka

3. Apa makna penting yang dapat diambil dari praktik gotong royong?

Jawaban: Makna penting yang dapat diambil dari praktik gotong royong di antaranya:

-       Menguatkan solidaritas antarmasyarakat.

-       Mencegah terjadinya perselisihan di masyarakat.

-       Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antarwarga.

-       Meringankan beban pekerjaan.

-       Memunculkan sikap saling tolong menolong dan menghargai perbedaan.

4. Bagaimana contoh praktik gotong royong yang sudah kalian lakukan di rumah, sekolah, dan masyarakat?

Jawaban: Berikut beberapa praktik gotong royong di rumah, sekolah, dan masyarakat, di antaranya:

-       Membantu orang tua membersihkan rumah.

-       Membantu membersihkan halaman rumah.

Baca Juga: Gotong Royong: Ciri-Ciri, Manfaat, dan Nilai-Nilai Positif yang Terkandung di Dalamnya

-       Mengikuti kegiatan piket membersihkan kelas.

-       Mengikuti kegiatan bersih-bersih di sekolah.

-       Membersihkan lingkungan sekitar.

-       Membersihkan saluran air yang mampet

Nah, itu tadi Adjarian, jawaban dari soal Aktivitas Belajar 3 di halaman 50 yang bisa menjadi referensi saat menjawabnya.