3 Metode Perhitungan Pendapatan Nasional, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Sabtu, 27 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Tiga metode perhitungan bisa digunakan dalam menghitung pendapatan nasional, salah satunya pendekatan produksi. (pexels/Ahsanjaya)

adjar.id – Ada beberapa metode perhitungan pendapatan nasional.

Perhitungan pendapatan nasional merupakan pendekatan yang digunakan untuk menghitung pendapat nasional dari suatu negara.

Pendapatan nasional suatu negara sendiri dipengaruhi oleh kegiatan badan usaha di negara tersebut, Adjarian.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tiga metode perhitungan dari pendapatan nasional yang menjadi materi ekonomi kelas 11 Kurikulum Merdeka.

O iya, pendapatan nasional adalah nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh masyarakat suatu negara dalam satu periode waktu tertentu.

Dengan kata lainm pendapatan nasional adalah nilai bersih dari semua kegiatan ekonomi suatu negara selama waktu satu tahun.

Hal ini diukur dengan menggunakan satuan mata uang tertentu.

Pendapatan nasional juga bisa dimaknai sebagai jumpat pendapatan yang didapatkan negara dari kegiatan ekonomi dalam waktu satu tahun.

Jumlah ini sudah termasuk pembayaran yang dilakukan untuk semua sumber daya, baik dalam bentuk bungam upah, keuntungan, maupun sewa.

Yuk, kita cari tahu tiga metode perhitungan pendapatan nasional berikut ini, Adjarian!

“Penerimaan dan pengeluaran yang bersumber dari pelaku ekkonomi akan diperhitungkan sebagai pendapatan nasional suatu negara.”

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban serta Pembahasan Materi Pendapatan Nasional