adjar.id - Pernahkah Adjarian membuat deskripsi tentang teman atau saudara? Apa saja yang dibahas?
Kali ini kita akan membahas soal-soal "outlining and drarfting descriptive text".
Soal tersebut ada di dalam buku Kurikulum Merdeka English for Nusantara kelas VII, halaman 50.
Pada kesempatan kali ini, kita diminta untuk mengisi kerangka penulisan teks deskripsi.
Terdapat empat hal yang perlu kita isi, yaitu identification, personality traits, physical traits, dan comment.
Nah, Adjarian diminta memilih salah satu teman untuk dideskripsikan.
Pembahasan soal di bawah ini bisa dijadikan referensi saat ingin menulis atau memilih teman.
Seperti apa pembahasan soalnya?
Langsung saja kita simak bersama, yuk!
Outlining and Drafting
Make an outlune of your paragraph using the structure.
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris 'Made the Basketball Player', Buku Kurikulum Merdeka Kelas VII
1. Identification (A general orientation to the topic).
Text: Nana is my best friend. She is 19 years old, she has Japanese blood.
(Nana adalah sepupuku. Ia berusia 19 tahun, dia memiliki darah orang Jepang.)
2. Description Feature 1 (Personality trait, extra information.)
Text: She is clever, she likes learning bahasa Indonesia, she has a lot of friends.
(Dia pintar, dia suka belajar bahasa Indonesia, dia memiliki banyak teman.)
3. Feature 2 (Physical trait, extra information.)
Text: She has straight, long, and fairly black hair. She has pointed nose. Her skin is fair. She is tall.
(Dia memiliki rambut panjang, lurus, dan hitam berkilau. Dia memiliki hidung yang mancung. Kulitnya putih. Dia tinggi.
3. Feature 3 (Physical trait, extra informasion.)
Text: She uses braces to straighten her teeth.
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris 'Describing Galang and Friends', Buku Kurikulum Merdeka Kelas VII
(Dia menggunakan kawat gigi untuk merapikan giginya.)
4. Feature 4 (Regular activities)
Text: She likes learning bahasa Indonesia, she takes bahasa Indonesia course twice a week. She also joined Indonesian traditional dance club.
(Dia suka belajar bahasa Indonesia, dia mengikuti kelas bahasa Indonesia dua kali sepekan. Dia juga mengikuti klub tari tradisional Indonesia.)
5. Comment
Text: Even though she has Japanese blood, she has a great sense of nationalism. She likes to learn things about Indonesia, all her family and friends are proud of her.
(Meskipun memiliki darah Jepang, ia memili rasa nasionalisme yang tinggi. Dia suka belajar hal tentang Indonesia, semua keluarga dan teman-temannya bangga dengannya.)
Nah, Adjarian, demikianlah pembahasan soal outlining and drafting descriptive text.