adjar.id - Pada buku Kurikulum Merdeka Matematika untuk SD kelas 4 terdapat sejumlah soal di halaman 23.
Soal tersebut membahas tentang "Bilangan Cacah Sampai 10.000".
Kali ini kita akan menjawab soal tentang menulis dan mengurutkan bilangan cacah.
Cara menuliskan bilangan cacah tidak sulit, kok, Adjarian.
Kita hanya perlu menggunakan nilai tempat untuk menuliskan bilangan cacah.
Ada empat nilai tempat untuk bilangan cacah sampai 10.000.
Empat nilai tempat tersebut adalah ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
Lalu, bagaimana soal halaman 23 di buku buku Kurikulum Merdeka Matematika untik SD kelas 4?
Berikut soal dan pembahasannya.
Baca Juga: Cara Membaca dan Menulis Bilangan Cacah sampai 10.000, Materi Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 4
Pembahasan Soal Menulis dan Mengurutkan Bilangan Cacah
Salinlah tabel berikut pada buku kalian. Isilah titik-titik pada tabel dengan angka sesuai nilai tempatnya, kemudian urutkan bilangan 7.570, 5.240, 3.041 dan 9.941 dari yang terkecil ke terbesar.
1. 7.570
7 = nilai tempat ribuan
5 = nilai tempat ratusan
7 = nilai tempat puluhan
0 = nilai tempat satuan
2. 5.240
5 = nilai tempat ribuan
Baca Juga: Jawab Soal Buku Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 4 Halaman 10 dan 11 tentang Bilangan Cacah
2 = nilai tempat ratusan
4 = nilai tempat puluhan
0 = nilai tempat satuan
3. 3.041
3 = nilai tempat ribuan
0 = nilai tempat ratusan
4 = nilai tempat puluhan
1 = nilai tempat satuan
4. 9.941
Baca Juga: Jawab Soal Membandingkan Bilangan Cacah Buku Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 4
9 = nilai tempat ribuan
9 = nilai tempat ratusan
4 = nilai tempat puluhan
1 = nilai tempat satuan
Urutan bilangan dari yang terkecil hingga terbesar yaitu 3.041, 5.240, 7.570, dan 9.941.
Nah, itulah pembahasan soal seputar bilangan cacah pada buku Matematika Kurikulum Merdeka Matematika untuk SD kelas 4 halaman 23.
Tonton video ini, yuk!