Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

By Nabil Adlani, Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:30 WIB
Mengetahui struktur surat lamaran pekerjaan menjadi hal penting untuk membuat surat lamaran pekerjaan. (unsplash/Christin Hume)

adjar.id – Adjarian, sudah tahu struktur surat lamaran pekerjaan?

Saat melamar pekerjaan, surat lamaran pekerjaan menjadi salah satu syarat yang penting.

Adanya surat lamaran pekerjaan bisa menjadi perantara bagi pencari kerja dengan pihak yang membuka lowongan pekerjaan.

Saat menyerahkan surat lamaran pekerjaan, biasanya juga menyertakan curriculum vitae atau daftar riwayat hidup.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai struktur dalam surat lamaran pekerjaan yang menjadi materi bahasa Indonesia kelas 12 SMA.

O iya, surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat untuk memberikan permohonan pekerjaan di suatu instansi atau perusahaan.

Saat kita membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, maka peluang untuk maju ke tahap selanjutnya akan menjadi lebih besar.

Yuk, simak penjelasan mengenai struktur surat lamaran pekerjaan berikut ini, Adjarian!

“Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, harus ada berbagai informasi lengkap di dalamnya.”

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Secara umum, surat lamaran pekerjaan adalah suatu surat yang berisikan tentang permohonan untuk bekerja pada suatu lembaga, instansi, atau perusahaan.

Dalam suarat lamaran pekerjaan ini terdapat beberapa bagian mengenai identitas diri, pendidikan, keterampilan, dan lain sebagainya.

Adjarian, dari segi penulisan, surat lamaran pekerjaan memiliki beberapa perbedaan dengan surat-surat lainnya.

Nah, dalam surat lamaran pekerjaan ini, berisikan tentang keinginan dari pelamar kerja untuk bisa bekerja di suatu perusahaan atau instansi.

Berbeda dengan daftar riwayat hidup yang menjadi penunjang berisikan informasi tentang keahlian dan pendidikan yang pernah dilakukan pelamar kerja.

Surat lamaran pekerjaan yang dibuat harus menggunakan struktur bagian yang jelas dan benar, terutama tentang struktur penulisannya.

Dengan membuat struktur penulisan yang baik, maka pihak pencari kerja akan lebih mudah dalam membaca surat lamaran pekerjaan.

“Bagian-bagian dalam surat lamaran pekerjaan harus sesuai dengan urutannya sehingga menjadi tulisan surat yang jelas."

Baca Juga: Bagian-Bagian dan Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut ini beberapa struktur dalam penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik, yaitu:

1. Tempat dan Tanggal

Penulisan tempat dan tanggal dalam surat lamaran pekerjaan ditulis di bagian pojok kanan atas.

Nah, pada bagian ini kita tidak perlu menuliskan tanda tidik dua, karena penulisan tempat dan tanggal termasuk sebagai kalimat.

2. Hal dan Lampiran

Pada bagian hal dan lampiran bisa diletakkan di bagian sebelah kiri.

Bagian hal berisikan tentang Lamaran Pekerjaan, lalu bagian lampiran berisikan dengan jumlah dokumen yang dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan tersebut.

“Bagian hal dan lampiran berada di sebelah kiri surat lamaran pekerjaan.”

Baca Juga: Jenis-Jenis Surat Lamaran Pekerjaan, Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA

3. Alamat Surat

Bagian selanjutnya yang harus dituliskan dalam surat lamaran pekerjaan adalah alamat surat.

Pada bagian alamat surat ini kita harus menuliskan alamat surat yang kita tuju dengan baik dan benar.

Dalam penulisan alamat surat tidak boleh ditulis dengan disingkat, sehingga kita menuliskannya dengan lengkap dan jelas.

Selain itu pada bagian alamat surat ini juga dituliskan mengenai tujuan surat itu dibuat, yaitu tertuju pada penerima surat.

Nah, agar tidak terjadi kesalahan tentang penerima surat, baiknya kita menuliskan nama penerima surat dengan nama jabatan.

“Alamat surat baiknya ditulis secara lengkap dan tidak disingkat-singkat sebagai rasa hormat kita sebagai pelamar kepada instansi atau perusahaan.”

4. Salam Pembuka

Setelah itu kita menuliskan isi yang harus disertai dengan salam pembuka di bagian awalnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Unsur-Unsur Pembentuknya

Secara umum, salam pembuka yang biasa digunakan yaitu “Dengan hormat.”, jangan lupa sertakan tanda koma dalam salam pembuka ini di bagian akhirnya.

5. Pembukaan

Pada bagian pembuka ini, kita bisa menuliskan tentang sumber informasi lowongan pekerjaan yang didapatkan.

Dalam penulisannya, kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan formal agar lebih menghormati pihak yang kita lamar.

6. Isi

Pada bagian isi surat lamaran pekerjaan, terdapat tiga bagian penting, yaitu identitas, maksud, dan berkas.

Nah, bagian berkas ini kita bisa menuliskan lampiran yang menyertakan surat lamaran yang dibuat, misalnya CV, ijazah, sertifikat, dan lain sebagainya.

“Pada bagian isi kita juga menuliskan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan lowongan pekerjaan yang sedang dilamar.”

7. Penutup

Baca Juga: Mengenal Surat Lamaran Pekerjaan: Isi, Sistematika, Unsur Kebahasaan

Pada bagian penutup surat lamaran pekerjaan berisikan tentang harapan kita agar bisa diterima oleh perusahaan atau instansi dan sertakan juga ucapan terima kasih.

8. Tanda Tangan

Pada bagian akhir surat lamaran pekerjaan kita juga menuliskan tanda tangan dan nama jelas.

Nah, itu tadi struktur surat lamaran pekerjaan yang bisa membantu kita dalam melamar pekerjaan.

Coba Jawab!

Apa yang dimaksud dengan surat lamaran pekerjaan?

Petunjuk: Cek halaman 2.