Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri 2022 Beserta Ketentuan Cara Daftar

By Atika Mayasari, Jumat, 24 Juni 2022 | 07:30 WIB
KIP Kuliah jalur mandiri 2022 akan segera dilaksanakan untuk calon mahasiswa yang telah lulus pendidikan SMA, SMK, dan pendidikan sederajat. (Dok. Kemendikbud)

adjar.id - Pendaftaran KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah jalur mandiri akan segera dilaksanakan dengan ketentuan cara daftar yang wajib dipenuhi.

Pada tahun 2022, pendaftaran KIP Kuliah dilaksanakan untuk berbagai jalur seleksi perguruan tinggi.

Mulai dari jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi, Adjarian.

O iya, pendaftaran KIP Kuliah bisa digunakan untuk seleksi jalur mandiri di perguruan tinggi negeri dan swasta.

KIP Kuliah diluncurkan pemerintah dengan tujuan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang mendaftar ke perguruan tinggi.

Bantuan KIP Kuliah dikhususkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi dan memiliki kondisi finansial ekonomi yang kurang mampu.

Nah, sebelumnya KIP Kuliah bernama bidikmisi dan digunakanakan untuk calon mahasiswa yang telah lulus di jenjang pendidikan SMA, SMK, dan sederajat.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah jalur mandiri perlu mengetahui jadwal dan ketentuan cara daftar KIP Kuliah 2022.

Yuk, simak pembahasan jadwal pendaftaran KIP Kuliah jalur mandiri 2022 dan cara daftarnya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Indonesia Pintar, Salah Satu Syarat PPDB 2022 Jalur Afirmasi

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri 2022

Pendaftaran KIP Kuliah jalur mandiri tahun 2022 dibedakan menjadi pendaftaran KIP Kuliah seleksi mandiri perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).