Faktor-Faktor Apa Saja yang Memengaruhi Pola Konsumsi?

By Nabil Adlani, Jumat, 17 Juni 2022 | 13:00 WIB
Ada beberapa faktor yang memengaruhi pola komsumsi, salah satunya faktor ekonomi. (unsplash/Jacques Bopp)

adjar.id – Adjarian, sudah tahu faktor yang memengaruhi pola konsumsi?

Mengetahui pola konsumsi masyarakat ini menjadi salah satu hal yang penting dalam ilmu ekonomi.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai faktor-faktor yang bisa memengaruhi pola konsumsi yang menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.

Konsumsi dalam ekonomi adalah semua penggunaan barang dan jasa yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya.

O iya, pengeluaran konsumsi terbagi menjadi dua jenis, yaitu konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah tangga.

Pengeluaran konsumsi rumah tangga mempunyai porsi yang paling besar hingga mencapai 60%, lo.

Hal ini membuat konsumsi rumah tangga mempunyai pengaruh yang besar terhadap stabilitas ekonomi negara, Adjarian.

Yuk, kita cari tahu faktor yang memengaruhi pola konsumsi berikut ini!

“Pengeluaran pemerintah biasanya digunakan untuk subsidi daerah otonom, subsidi pangan, gaji pegawai, dan lain sebagainya.”

Baca Juga: Klasifikasi Faktor yang Memengaruhi Tingkat Konsumsi Rumah Tangga

Faktor yang Memengaruhi Pola Konsumsi

Berikut beberapa faktor yang memengaruhi pola konsumsi yang terbagi atas:

1. Faktor Ekonomi

Ada empat faktor ekonomi yang bisa memengaruhi pola konsumsi, yaitu:

Adjarian, pendapatan rumah tangga sangat besar pengaruhnya terhadap pola konsumsi.

Jadi, jika pendapatan meningkat maka pola konsumsi masyarakat juga akan ikut meningkat karena kemampuan rumah tangga untuk membeli aneka kebutuhan semakin besar.

Kekayaan rumah tangga mencakup kekayaan riil dan kekayaan finansial.

Baca Juga: Pengertian Kegiatan Ekonomi Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

Kekayaan riil berupa rumah, kendaraan, dan tanah, sedangkan kekayaan finansial bisa berupa surat-surat berharga, saham, dan deposito berjangka.

Nah, kekayaan tersebut bisa meningkatkan pola konsumsi karena menambah pendapatan masyarakat.

Tingginya tingkat bunga bisa mengurangi keinginan konsumsi karena kegiatan konsumsi akan semakin mahal.

Selain itu, tingkat bunga yang tinggi bisa juga menyebabkan masyarakat lebih merasa untung jika menyimpan uangnya di bank daripada menghabiskannya untuk konsumsi.

Jika rumah tangga memperkirakan masa depannya semakin baik, maka pola konsumsi yang dilakukan akan semakin besar.

Akan tetapi, jika perkiraan kondisi masa depan memburuk, maka rumah tangga akan menekan pengeluaran konsumsi.

“Faktor ekonomi yang memengaruhi pola konsumsi yaitu pendapatan rumah tangga, kekayaan rumah tangga, tingkat bunga, dan perkiraan masa depan.”

Baca Juga: Jawab Soal Menguraikan 3 Pokok Kegiatan Ekonomi

2. Faktor Demografi

Dalam demografi atau kependudukan, ada dua faktor yang memengaruhi pola konsumsi, yaitu:

Meningkatnya jumlah penduduk akan memperbesar pengeluaran konsumsi secara menyeluruh.

Pengeluaran konsumsi suatau negara akan sangat besar jika jumlah penduduknya banyak dan pendapatan per kapitanya tinggi.

Komposisi penduduk bisa dilihat dari beberapa klasifikasi antara lain usia, pendudukan, wilayah tinggal, dan jenis kelamin.

Pengaruh komposisi penduduk terhadap pola komsumsi salah satunya jika semakin banyaknya penduduk usia produktif maka pola konsumsinya akan semakin besar.

“Faktor demografi yang memengaruhi pola konsumsi yaitu jumlah penduduk dan komposisi penduduk.”

Baca Juga: Pengertian Kegiatan Konsumsi dan Jenis Kegiatan Konsumsi

3. Faktor Sosial Budaya

Faktor sosial budaya juga bisa memberikan pengaruh terhadap pola konsumsi masyarakat, Adjarian.

Misalnya pola kebiasaan makan, tata nilai, dan perubahan etika sebagai contoh perubahan kebiasaan berbelanja dari pasar tradisional ke pasar swalayan.

Nah, itu tadi Adjarian, faktor yang memengaruhi pola konsumsi masyarakat dalam ekonomi yang terbagi menjadi tiga faktor utama, yaitu faktor ekonomi, demografi, dan sosial budaya.

Coba Jawab!

Apa saja yang termasuk faktor demografi yang memengaruhi pola konsumsi?

Petunjuk: Cek halaman 4.