Fungsi Media Massa dan Efek Pemanfaatan Media Massa

By Aldita Prafitasari, Jumat, 27 Mei 2022 | 17:00 WIB
Media massa digunakan untuk penyampaian pesan kepada masyarakat luas. (Pexels)

adjar.id - Adjarian tahu apa arti dari media massa?

Media massa merupakan sarana komunikasi dalam penyampaian pesan-pesan.

Media massa juga sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ke masyarakat luas.

Nah, penyebaran berita tersebut menggunakan alat-alat komunikasi seperti radio, surat kabar, TV dan film

Media massa juga merupakan sarana atau alat yang dipakai dalam cara kerja komunikasi massa, yaitu komunikasi yang ditunjukkan terhadap orang banyak.

Di dalamnya, kita dapat mendapatkan info perihal perubahan, bagaimana hal itu berjalan dan hasil yang dicapai.

Isi media massa biasanya terbagi tiga bagian atau varian tulisan yang merupakan produk wartawan atau macam-macam tulisan jurnalis, yaitu karangan khas, berita, maupun opini.

Nah, kali ini kita akan mempelajari fungsi media massa dan juga efek pemanfaatan media massa.

Yuk, kita simak bersama!

Baca Juga: Mengenal Teks Editorial: Pengertian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya

Fungsi Media Massa

1. Sebagai pengambilan keputusan

Media massa berperan dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan.

2. Sebagai bahan untuk diskusi

Adanya media massa dapat memperjelas permasalahan yang dihadapi serta menyajikan pesan-pesan para pemuka masyarakat.

3. Sebagai pemberi informasi 

Media massa berperan sebagai pemberi informasi kepada masyarakat umum, secara tepat waktu.

4. Sebagai pendidik 

Media massa juga bertindak sebagai pemberi ilmu dan pendidikan kepada masyarakat melewati beragam macam informasi.

Baca Juga: Pengertian Iklan dan Kaidah Kebahasaan Iklan

Efek pemanfaatan media massa

1. Efek afektif

Efek ini berkenaan dengan timbulnya perubahan pada apa yang dinikmati, disenangi, atau dibenci penikmat media massa.

2. Efek behavioral

Efek ini berhubungan pada perilaku nyata yang dapat diamati, yang meliputi pola-pola tindakan kegiatan, atau kebiasaan berperilaku

3. Efek kehadiran media massa

Efek ini menyangkut pengaruh keberadaan media massa secara fisik.

4. Efek kognitif

Efek ini mengenai terjadinya perubahan pada apa yang diketahui, difahami, atau dipersepsi penikmat media massa.

Baca Juga: 8 Media Promosi yang Ada saat Ini

Nah Adjarian, itulah dia fungsi media massa dan efek pemanfaatan media massa yang bisa kita pelajari, ya.