8 Media Promosi yang Ada saat Ini

By Jestica Anna, Rabu, 25 Mei 2022 | 16:40 WIB
Terdapat sejumlah media promosi yang bisa digunakan saat ini, salah satunya adalah internet. (Piqsels)

adjar.id – Pernahkah Adjarian melakukan promosi produk? Media apa yang digunakan?

Media prmososi merupakan sarana yang digunakan untuk kegiatan pengenalan dan promosi barang atau jasa kepada masyarakat luas.

Sehingga, kedepannya akan dapat mendatangan calon-calon konsumen.

Dengan datangnya konsumen, produk kita bisa bersaing dengan produk lain yang serupa di pasaran.

Hal ini tentu saja berdampak pada kestabilan penjualan barang atau jasa yang kita tawarkan.

Pernahkah Adjarian melihat segelintiran penawaran produk ketika sedang membuka internet?

Tak jarang juga produk yang ditawarkan mendapat potongan harga sehingga membuat kita ingin mengetahuinya lebih lanjut. Nah, itu merupakan salah satu bentuk media promosi.

Di era sekarang ini, bentuk promosi barang semakin mudah dilakukan, baik secara online maupun offline.

Kira-kira, apa saja media promosi yang cocok digunakan saat ini? Simak bersama, yuk!

Baca Juga: Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Media Promosi

Media Promosi yang Ada saat Ini

1. Internet

Adjarian, internet merupakan media prmosi yang bisa dibilang efektif di era teknologi seperti saat ini.

Untuk melakukan promosi melalui internet pun terbilang tidak terlalu menguras tenaga.

Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam, mulai dari yang gratis hingga paling mahal, tergantung media dan jangkauannya.

Ditambah lagi, saat ini hampir semua orang mengakses internet, sehingga produk yang ditawarkan pun bisa dengan mudah dikenal banyak orang.

2. Brosur

Kalau media promosi yang satu ini pasti sudah familier bagi Adjarian, kan?

Yap! Brosur merupakan media promosi dalam bentuk kertas berukuran kecil yang dibagikan kepada orang-orang.

Baca Juga: Faktor-Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha

  

Supaya lebih berpotensi mendatangkan konsumen, kita bisa mendesainnya dengan semenarik mungkin.

3. Poster

Selain brosur, poster juga merupakan media promosi yang berbahan kertas.

Untuk strategi penggunaannya, kita bisa tambahkan tulisan seinformatif dan semenarik mungkin sehingga membuat banyak orang tertarik membacanya.

O iya, jangan lupa tempatkan poster di lokasi yang strategis dan sesuai dengan target pasar.

4. Papan Reklame

Papan reklame atau umum disebut dengan billboard merupakan media promosi menggunakan layar berukuran besar yang biasa ditempatkan di luar ruangan.

Nah, dalam pembuatannya, kita perlu mengisinya dengan tulisan singkat tetapi informatif, sebab kebanyakan pembaca adalah pengendara yang berlalu-lalang.

5. Televisi

Baca Juga: Mengenal Pengertian Iklan, Jenis-Jenis, dan Tujuan Iklannya

Televisi merupakan media promosi yang sudah banyak digunakan oleh pada pelaku usaha.

Media promosi satu ini kerap menjadi pilihan karena penyajiannya yang menarik dan memikat banyak konsumen.

Namun demikian, biaya produksi dan waktu yang dikeluarkan untuk mengolah promosi tidaklah sedikit.

Bukan hanya itu, durasi iklan di televisi maksimal hanya satu menit, sehingga berpotensi adanya informasi yang terlewat.

6. Radio

Selain televisi, radio juga sering dipilih menjadi media promosi para pelaku usaha.

Jika dibanding televisi, beriklan di radio membutuhkan biaya dan waktu produksi yang lebih sedikit.

O iya, beriklan melalui radio juga dapat menjangkau wilayah yang luas, tepat sasaran, dan penyampaiannya mudah diterima.

Sayangnya, radio hanya menampilkan suara, sehingga sulit menyampaikan informasi yang lebih kompleks.

Baca Juga: Iklan: Pengertian, Tujuan, serta Macam-Macam Iklan

7. Koran atau Majalah

Koran dan majalah merupakan dua medua promosi cetak yang bisa menampilkan informasi dengan lengkap.

Biasanya, tarif melalui koran dibanderol per kata dan kurang menarik karena tidak ada tampilan produk.

Jika ingin menampilkan gambar, beriklan di majalah bisa menjadi pilihan, tentu saja akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

8. Merchandise

Terakhir, media promosi merchandise juga bisa menjadi pilihan jika ingin memikat banyak konsumen.

Beberapa barang yang bisa digunakan sebagai merchandise adalah alat tulis seperti bolpoin, topi, payung, kalender, stiker, atau botol minum.

Nah, itulahdelapan media promosi yang ada saat ini.

Kira-kira, mana yang akan dipilih untuk mempromosikan produk Adjarian?

Baca Juga: Perbedaan Iklan Visual, Audio, dan Audio Visual

  

Simak video berikut, yuk!