Persyaratan, Cara, dan Jadwal Pendaftaran Taruna AAL Tahun 2022

By Jestica Anna, Rabu, 11 Mei 2022 | 14:00 WIB
Rekrutmen calon taruna AAL dibuka hingga 27 Mei 2022. (via Tangkapan Layar Kanal YouTube Resmi Akademi Angkatan Laut)

adjar.id – Adakah yang ingin masuk Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2022 ini? Simak syarat, cara, dan jadwal pendaftarannya, yuk!

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (AL) kembali membuka pendaftaran calon prajurit perwira Angkatan Laut hingga tanggal 27 Mei nanti.

Dalam rangka menyeleksi putra dan putri terbaik bangsa, TNI AL tentu mensyaratkan beberapa kriteria tertentu, mulai dari fisik hingga akademik.

O iya, di tahun ini, rekrutmen TNI AL terbuka bagi lulusan SMA/MA untuk lulusan tahun 2017 hingga 2022.

Akan tetapi, hanya siswa dengan peminatan IPA saja yang bisa mendaftar menjadi calon taruna Akademi Angkatan Laut, Adjarian.

Nah, setelah lulus seleksi penerimaan, calon taruna TNI AL atau yang kerap disebut dengan “kadet” ini nantinya akan menempuh pendidikan di Kota Surabaya selama kurang lebih tiga tahun.

Lalu, selain harus dari jurusan IPA dan lulusan tahun 2017-2022, apa lagi syarat lain untuk mendaftar taruna AAL?

Bagaimana dengan cara dan jadwal pendaftarannya?

Langsung saja kita simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Persyaratan, Jadwal, dan Cara Mendaftar Taruna TNI AD Akmil Tahun 2022

Persyaratan Calon Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun 2022

1. Warga negara Republik Indonesia, laki laki atau perempuan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2. Laki-laki atau perempuan, tinggi minimal 165 cm untuk calon taruna (laki-laki) dan 160 cm untuk calon taruni (perempuan) dengan berat seimbang. 3. Usia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma) pada 01 Agustus 2022. 4. Berijazah SMA/MA program IPA, dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut: