Teks Biografi: Ciri-Ciri dan Strukturnya

By Nabil Adlani, Kamis, 28 April 2022 | 13:30 WIB
Teks biografi dibuat untuk menceritakan kembali seorang tokoh agar bisa menjadi teladan bagi orang banyak. (unsplash/Debby Hudson)

adjar.id – Adjarian sudah pernah mendengar istilah tentang teks biografi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah suatu riwayat hidup seseorang yang ditulis kembali oleh orang lain.

Biografi ini biasanya memuat tentang peristwa dan identitas seseorang, termasuk di dalamnya mengenai perhargaan serta karya yang diterima dan permasalahan yang pernah dihadapi.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri dan struktur dari teks biografi yang menjadi materi bahasa Indonesia kelas 10 SMA.

Pembuatan biografi sendiri bertujuan agar teks dari tokoh tersebut bisa memberikan teladn bagi orang lain yang membaca biografi tersebut, Adjarian.

Maka dari itu biografi harus menulisnya mengenai kehidupan tokoh, seperti masalah yang dihadapi, perjuangan, dan keberhasilannya.

O iya, tujuan dari seseorang membaca teks biografi sendiri adalah untuk mengenali seorang tokoh dan mengetahui tindakan serta pemikirannya dalam menghadapi masalah.

Yuk, kita cari tahu penjelasan lebih lengkap mengenai ciri-ciri dan struktur teks biografi berikut ini, Adjarian.

“Uraian pada teks biografi biasanya menuliskan tentang nama, tempat tanggal lahir, latar belakang keluarga, pendidikan, dan pengalaman hidup tokoh.”

Baca Juga: Struktur Teks dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi dalam Bahasa Indonesia

Ciri-Ciri Teks Biografi

Adjarian, salah satu ciri khas yang membedakan antara teks biografi dengan teks lain yaitu cerita yang ditulis berdasarkan kehidupan asli yang dimiliki orang lain.