Jawab Soal Dampak Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan yang Tidak Dapat Ditanggulangi

By Nabil Adlani, Selasa, 19 April 2022 | 14:00 WIB
Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bisa memberikan beragaman dampak bagi kehidupan suatu negara. (pxhere)

adjar.id Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bisa datang dengan beragam bentuk, tapi umumnya berupa ancaman militer.

Ancaman militer sendiri adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai memiliki kemampuan berbahaya bagi kedaulatan negara.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 edisi revisi 2017 terdapat soal pada Tugas Mandiri 5.3 di halaman 158.

Pada soal tersebut kita diminta untuk memprediksi apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman di bidang pertahanan dan keamanan tidak dapat ditanggulangi oleh negara.

Nah, kali ini kita akan membahas soal materi PPKn kelas 11 SMA tersebut. Pembahasan soal ini nantinya bisa Adjarian jadikan sebagai salah satu bahan referensi.

Bentuk-bentuk ancaman militer di bidang pertahanan dan kemanan bisa berupa agresi atau invasi, pemberontakan bersenjata, pelanggaran wilayah, spionase, aksi teror, dan lain sebagainya.

Berbagai ancaman tersebut memerlukan perhatian yang lebih dari suatu negara, karena jika tidak maka bisa menggangu keutuhan dan kedaulatan suatu negara, Adjarian.

Lalu, apa saja yang akan terjadi jika ancaman tersebut tidak dapat ditanggulangi oleh negara?

Berikut pembahasannya.

Baca Juga: Strategi Menghadapi Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan dalam Integrasi Nasional

Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan yang Tidak Dapat Ditanggulangi

Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bisa berbentuk agresi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan lainnya.