Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila di dalam Kehidupan Sehari-hari

By Aisha Amira, Senin, 18 April 2022 | 14:30 WIB
Nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan di dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. (unsplash)

adjar.id – Adjarian, sebagai sebuah ideologi negara, melakukan penerapan nilai-nilai Pancasila sangatlah penting untuk dilakukan.

Pancasila yang juga menjadi ideologi terbuka memiliki pengaruh terhadap perubahan nilai-nilai praksis dan instrumental dalam kehidupan.

Sementara itu, nilai-nilai dasar pancasila tidak akan bisa berubah sampai kapanpun.

Nilai-nilai Pancasila tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat karena Pancasila merupakan rumusan dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai penerapan dari nilai-nilai pancasil dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat indonesia yang merupakan materi kelas 9 SMP.

Pada berbagai bidang kehidupan masyakarakat seperti bidang politik,  ekonomi, dan lain sebagainya sebagai warga negara yang baik kita harus menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Yuk, kita simak penjelasan bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila di berbagai bidang kehidupan masyarakat berikut ini!

1. Penerapan Nilai Pancasila pada Bidang Politik

“Pancasila merupakan ideologi negara yang berasal dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.”

Baca Juga: Tantangan Penerapan Pancasila pada Masa Reformasi

 

Bidang politik mengalami beberapa perkembangan yang meliputi tentang hak asasi manusia, hukum, lembaga negara, dan demokrasi.

Pembangunan negara Indonesia menjadi negara modern salah satunya dengan membangun sistem pemerintahan yang mengikuti perkembangan zaman.

Lembaga negara yang ada di Indonesia harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan masyarakat dan juga negara.

Meski begitu, lembaga-lembaga negara ini harus tetap berpegang pada sistem pemerintahan yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila.

Bangsa Indonesia juga menghargai hak asasi manusia yang penerapannya disesuaikan dengan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini dilakukan dengan menerapkan hak asasi manusia yang dijiwai oleh nilai-nilai dalam sila Pancasila, seperti nilai ketuhanan yang maha esa dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Indonesia juga menerapkan demokrasi Pancasila, di mana demokrasi tersebut berasal dari tradisi nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

Hal ini dapat kita lihat dari pengutamaan pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat serta kekeluargaan.

“Penerapan pemilihan umum sebagai bentuk negara demokrasi harus tetap disesuai dengan nilai-nilai Pancasila.”

Baca Juga: Berbagai Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia

 

2. Penerapan Nilai Pancasila pada Bidang Ekonomi

Sistem ekonomi yang ada di Indonesia dikembangkan dengan didasari oleh nilai-nilai Pancasila.

Hal itu bisa kita lihat dalam UUD 1945 pasal 33, mengenai landasan operasional sistem ekonomi, yang di antaranya berisi:

Meski ada sebagai wujud sistem ekonomi yang terpengaruh dari asing, tetapi masih bisa dikembangkan karena masih memegang nilai-nilai Pancasila.

Penerapan itu bisa kita lihat dari adanya bank, mal, supermarket, bursa saham, dan lain sebagainya.

“Lembaga perekonomian ada yang sebagain terwujud dari pengaruh asing, akan tetapi masih bisa diterima karena memegang nilai-nilai Pancasila.”

Baca Juga: Nilai-Nilai yang Ada di dalam Pancasila dan Contoh Pengamalannya

 

3. Penerapan Nilai Pancasila pada Bidang Sosial Budaya

Adanya pembangunan nasional tujuannya yaitu sebagai wujud dari masyarakat yang adil dan makmur dengan didasari oleh Pancasila.

Selain itu, pengembangan terhadap sistem nilai sosial yang ada dalam masyarakat Indonesia  dapat dikembangkan menjadi lebih modern dan maju.

Meski adanya modernisasi, hal ini lebih bisa kita artikan sebagai proses perubahan ke arah yang lebih baik dan maju.

Hal ini bisa kita lakukan dengan menyesuaikan nilai-nilai sosial yang telah ada di dalam masyarakat sesuai dengan Pancasila.

Misalnya dengan menerapkan kekeluargaan, gotong royong, musyawarah yang di mana hal tersebut terus diwariskan kepada generasi muda.

Nah, hal yang sama juga perlu kita lakukan bagi nilai-nilai sosial yang berasal dari luar, seperti kedisiplinan dan etos kerja yang bisa diterima dengan tetap menyesuaikan dengan nilai-nilai Pancasila.

Adjarian, itulah beberapa penerapan nilai-nilai Pancasila dalam bidang kehidupan masyarakat Indonesia yang salah satunya di bidang ekonomi.

Sekarang, yuk, coba jawab pertanyaan berikut ini!

Baca Juga: Permasalahan saat Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara pada Awal Kemerdekaan, Materi PPKn kelas 9

 

Pertanyaan

Bagaimanakah penerapan nilai-nilai pancasila dalam bidang ekonomi?

Petunjuk: Cek halaman 3.

 

Jangan lupa untuk tonton video ini juga, ya!