adjar.id - Apakah kalian bercita-cita menjadi seorang humas?
Profesi hubungan masyarakat atau humas juga dikenal dengan istilah lain, yaitu public relation.
Untuk bekerja menjadi seorang humas, terdapat beberapa keterampilan yang wajib kita miliki, Adjarian.
Salah satu keterampilannya adalah mahir berbicara di depan publik dengan tenang dan juga memiliki kemampuan dalam menganalisa suatu masalah yang ada di dalam satu perusahaan.
O iya, bagi kita yang tertarik dengan profesi ini, kita dapat mempelajari hal-hal dasar mengenai humas di saat memasuki perguruan tinggi.
Salah satu jurusan berkaitan erat dengan profesi humas adalah Jurusan Ilmu Komunikasi.
Nah, kali ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai peran profesi humas di dalam dunia kerja.
Humas di perusahaan bidang luxury goods, Mia Amalina Bey menjelaskan bahwa secara umum humas bertugas untuk menciptakan citra yang baik dan juga membangun reputasi serta kredibilitas sebuah perusahaan atau sebuah merek perusahaan.
"Selain membangun citra perusahaan, seorang humas juga bertugas untuk memberikan informasi mengenai suatu perusahaan secara detail kepada masyarakat luas, media tradisional, digital media, dan media sosial."
Baca Juga: Profesi Hubungan Masyarakat: Peran, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier
Mia juga menambahkan, "Humas memiliki tugas atau peran penting untuk menjadi key spokesperson atau juru bicara yang akan mewakili perusahaan tempat ia bekerja kepada masyarakat luas."
Selain itu, Mia juga menjelaskan bahwa seorang humas akan menjadi jembatan untuk membangun relasi yang baik dengan berbagai macam pihak, baik secara eksternal ataupun internal.
Hal ini diperlukan untuk memastikan setiap perencanaan humas sudah berjalan baik.
Peran Profesi Hubungan Masyarakat (HUMAS)
Bekerja sebagai seorang Humas kita diminta untuk datang dengan strategi pemasaran dan membentuk citra yang baik di depan publik.
Mulai dari media tradisional, digital media, dan media sosial.
"Humas adalah seseorang yang memiliki peran yang sangat besar untuk membangun relasi yang baik dengan media dan publik. Selain itu, seorang humas diharapkan memiliki pengetahuan yang baik untuk membangun citra yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan."
"Humas akan melakukan pemantauan dan memberikan laporan mengenai citra baik perusahaan, apabila terdapat pesan negatif mengenai perusahaan, maka diperlukan sekali penanganan guna mencegah tersiarnya kabar tidak baik mengenai perusahaan," ungkap Mia.
Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sangat penting bagi profesi humas untuk menjaga citra perusahaan dan membangun relasi, Adjarian.
Baca Juga: 6 Cara Melakukan Public Speaking yang Baik, Salah Satunya Siapkan Materi
Selain itu, seorang humas juga bertugas untuk menjembatani antara perusahaan dan masyarakat luas dengan baik dan benar.
Mia juga menjelaskan bahwa selain memiliki keterampilan untuk berbicara di depan publik, seorang humas juga diharuskan untuk bekerja dengan cepat.
Umumnya, di dalam satu perusahaan besar, tim humas akan diisi oleh beberapa orang. Nah, setiap orang memiliki tugas masing-masing.
Misalnya, mencetuskan ide baru, menghubungi orang-orang penting, serta menjalankan kampanye perusahaan.
"Selain harus pintar berbicara di depan publik, setiap anggota tim juga diharuskan memiliki komunikasi yang baik dengan tim internal," tutur Mia.
Dengan memiliki hubungan yang baik oleh setiap pihak, humas juga akan jauh lebih mudah memantau pekerjaan atau proyek yang sedang dijalani.
Nah Adjarian, itulah gambaran tentang profesi humas di dunia kerja.
Tonton video ini, yuk!