Pembahasan Soal UTBK Bahasa Inggris, Mencari Kata Rujukan dan Informasi Rinci

By Jestica Anna, Jumat, 8 April 2022 | 07:30 WIB
Mencari kata rujukan dan informasi rinci pada teks merupakan dua tipe soal pada UTBK SBMPTN bahasa Inggris. (Freepik)

adjar.id – Adjarian, pada kesempatan kali ini kita akan coba mengerjakan soal UTBK SBMPTN bahasa Inggris tipe kata rujukan dan menemukan informasi rinci pada teks.

Apakah sebelumya Adjarian pernah mengerjakan kedua tipe soal tersebut?

Apabila sudah terbiasa mengerjakan latihan soal UTBK bahasa Inggris, pasti kerap menjumpai tipe soal kata rujukan ataupun informasi rinci pada teks.

Kedua tipe soal ini tergolong cukup mudah untuk dijawab, lo. Sebab, kita tidak perlu waktu lama untuk mengulik detail keseluruhan teks.

Untuk jenis kata rujukan, kita hanya perlu memperhatikan satu atau dua kalimat sebelumnya. Coba amati “siapa” atau “apa” yang menjadi topik utama pada kalimat.

Akan tetapi, kita perlu berhati-hati, jangan sampai terkecoh dengan kata benda (noun) lain.

Nah, sementara untuk tipe mencari informasi rinci pada teks, kita hanya perlu mencari kata kunci pada pertanyaan. Kemudian, pindai teks dan temukan kalimat yang memuat kata kunci tersebut.

Lalu, untuk mempraktikkan kiat-kiat cara menjawab kedua tipe soal UTBK bahasa Inggris tersebut, coba kita bahas soal di bawah ini, yuk!

Simak hingga akhir, ya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan UTBK Bahasa Inggris, Menentukan Makna Tersirat Paragraf

Read the text carefully

(1) Banana peels can be used to purify drinking water contaminated with toxic heavy metals such as cooper and lead, according to a study.