Jawab Soal Matematika Pembulatan Bilangan, No 1-4 Kelas 5 SD

By Jestica Anna, Rabu, 6 April 2022 | 10:00 WIB
Aproksimasi atau pembulatan dapat digunakan dalam pengukuran berat. (Piqsels)

adjar.id – Adjarian, pada kesempatan kali ini, kita akan kembali membahas soal matematika materi aproksimasi atau pembulatan bilangan.

Masih ingat pengertian aprokasimasi, ‘kan?

Yap, aprokasimasi adalah pembulatan nilai terhadap hasil pengukuran dan tidak berlaku untuk hal yang sifatnya eksak.

Umumnya, pembulatan ini digunakan untuk hasil pengukuran panjang atau berat, Adjarian.

O iya, terdapat tiga cara pembulatan hasil pengukuran, lo.

Pertama, pembulatan ke satuan ukuran tedekat, pembulatan bilangan ke puluhan terdekat, dan pembulatan ke satuan terdekat.

Nah, tiap-tiap aturan ini akan kita gunakan untuk menjawab soal-soal yang akan kita kerjakan pada kesempatan kali ini.

Soal-soal tersebut terdapat di dalam buku Senang Belajar Matematika kelas 4 SD, pada halaman 95-96.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita kerjakan, yuk!

Baca Juga: Jawab Soal Matematika Materi Aproksimasi Bilangan, No 1-4 Kelas 4 SD

1. Bulatkan hasil pengukuran pada tabel berikut ke ratusan terdekat!

Soal pembulatan angka ratusan. (via Tangkapan Layar Buku Senang Belajar Matematika Kemdikbud)

Pembahasan: Nah, kita menemui soal pembulatan ratusan, nih, Adjarian.

Aturannya, apabila angka puluhannya kurang dari 5, maka akan dibulatkan ke bawah, tetapi jika angka satuannya sama dengan atau lebih dari 50, maka akan ditambahkan 100 ke ratusannya.

Angka 123 m apabila dibulatkan ke atas menjadi 200 m. jika dibulatkan ke bawah menjadi 100, dan pembulatan terbaiknya adalah 100 m (karena puluhannya kurang dari 50, maka dihilangkan atau dibulatkan ke bawah).

Kemudian yang kedua adalah angka 985.

Angka 985 kg apabila dibulatkan ke atas menjadi 1.000 kg, di bulatkan ke bawah menjadi 900 kg, dan pembulatan terbaiknya adalah 1.000 kg (karena angka puluhannya > 50, maka ditambahkan 100 ke ratusannya).

2. Jika suatu hasil pengukuran panjang dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 200 meter maka berapa m kemungkinan panjang pengukuran tersebut sebelum dilakukan pembulatan ke atas? (boleh lebih dari satu jawaban)

Pembahasan: Apabila hasil pembulatan ke atas adalah 200 m, maka kemungkinan panjang pengukuran adalah 150, 160, 170, 180, atau 190.

Mengacu pada aturan pembulatan ke atas pada ratusan, bahwa apabila puluhan lebih dari 50, maka akan ditambahkan 100 ke ratusannya.

Baca Juga: Jawab Soal Matematika Materi Menghitung Waktu, No 9-10 Kelas 5 SD

3. Jika suatu hasil pengukuran berat dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 1.000 kg maka berapa kemungkinan berat dari pengukuran tersebut sebelum dilakukan pembulatan terbaik? (boleh lebih dari satu jawaban)

Pembahasan: Masih sama dengan soal sebelumnya, karena pembulatan ratusan, maka kita hanya akan fokus pada angka puluhannya.

Karena dibulatkan menjadi 1.000, maka kemungkinan beratnya adalah antara 950-999.

4. Udin membuat sebuah tongkat yang panjangnya 185 cm. karena suatu hal, panjang tongkat tersebut dibulatkan ke ratusan terdekat. Berapakah panjang tongkat tersebut setelah dibulatkan?

Pembahasan: Nah, untuk menyelesaikan soal satu ini, kita juga menggunakan aturan pembulatan ratusan, Adjarian.

Fokus pada angka puluhannya, yaitu 85. Karena lebih dari 50, maka kita akan tambahkan 100 pada ratusannya.

Jadi, setelah dibulatkan, 185 cm akan menjadi 200 cm.

Nah, itulah pembahasan soal terkait aproksimasi atau pembulatan yang dapat kita jadikan sebagai referensi menjawab soal, Adjarian.