Faktor Penghambat Integrasi Sosial dalam Masyarakat

By Nabil Adlani, Minggu, 20 Maret 2022 | 12:00 WIB
Kebudayaan masyarakat Indonesia yang beragam penting untuk dijaga demi menciptakan integrasi sosial. (unsplash/Ruben Hutabarat)

adjar.id – Ada macam-macam faktor penghambat integrasi sosial, Adjarian,

Bersatunya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat multikultural merupakan salah satu penyebab yang akan membawa masyarakat ke arah integrasi.

Integrasi sosial sendiri adalah suatu proses penyatuan antara dua unsur atau lebih yang menyebabkan terciptanya keinginan yang berjalan baik dan benar.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai faktor-faktor yang menghambat integrasi sosial dalam masyarakat yang menjadi materi sosiologi kelas 11 SMA.

O iya, integrasi sosial juga bisa diartkan sebagai proses untuk mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat sebagai sebuah sistem.

Syarat keberhasilan suatu integrasi sosial harus mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil mengisi kebutuhan satu sama lain.

Meski begitu, terbentuknya integrasi sosial tidak bisa berjalan dengan mudah. Ada beberapa faktor yang menghambatnya.

Nah, yuk, kita cari tahu macam-macam faktor penghambat integrasi sosial di dalam masyarakat!

“Ada beberapa kekuatan yang fungsional dan relevan dalam integrasi sosial, yaitu homogenitas, besar kecilnya kelompok, perpindahan fisik, dan lain sebagainya.” 

Baca Juga: Contoh Soal, Jawaban, dan Pembahasan Materi Integrasi Sosial

Faktor Penghambat Integrasi Sosial

Ada beberapa faktor penghambat integrasi sosial yang bersifat negatif dan disosiatif, di antaranya: