Jurusan Animasi: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Daftar Universitas

By Jestica Anna, Rabu, 16 Maret 2022 | 18:40 WIB
Terdapat dua konsentrasi pada jurusan ANimasi, yaitu film animasi dan animasi game. (Unsplash)

adjar.id – Apakah Adjarian suka membuat karakter animasi atau suka mengikuti film-film animasi? Kalau begitu, jurusan Animasi bisa menjadi pilihan yang tepat!

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar teknik pembuatan animasi, mulai dari merancang karakter 2D dan 3D, membuat storyboard, menulis skenario, hingga editing video.

O iya, selain itu, mahasiswa juga akan belajar teknik membuat gambar yang dirancang berurutan sehingga penonton akan merasakan adanya ilusi gerakan. 

Jurusan ini juga akan mengasah krativitas kita untuk menciptakan sesuatu, seperti tokoh utama, atau gaya animasi yang menarik

Di beberapa universitas di Indonesia, jurusan Animasi merupakan bagian dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Namun, di beberapa universitas lainnya jurusan ini berdiri sendiri sebagai satu program studi.

Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan animasi mulai bermunculan di berbagai sektor, mulai dari sektor perfilman, hingga pendidikan, lo.

Maka dari itu, inilah kesempatan yang besar bagi Adjarian yang ingin mendalami dunia animasi dan pasti bakal menyenangkan jika nantinya juga dapat berkarier di dunia animasi, ‘kan?

Namun, sebelumnya coba akita pahami mata kuliah, prospek kerja, dan daftar universitas yang menyediakan jurusan Animasi sebagai satu program studi, yuk!

Mari kita simak bersama!

Baca Juga: Jurusan Desain Komunikasi Visual: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Mata Kuliah Jurusan Animasi

Adjarian, jurusan Animasi terbagi menjadi dua koinsentrasi atau peminatan, yaitu peminatan Film Animasi dan peminatan Animasi Game.