Wujud, Unsur, dan Komponen Kebudayaan dalam Sosiologi

By Nabil Adlani, Kamis, 17 Maret 2022 | 15:00 WIB
Suatu kebudayaan yang tumbuh di dalam masyarakat bisa memberikan pengaruh terhadap kepribadian seseorang. (unsplash/Angga Indratama)

adjar.id – Adjarian, dalam ilmu sosiologi terdapat beberapa komponen kebudayaan yang mempunyai pengaruh terhadap kepribadian seseorang.

Kebudayaan sendiri berasal dari kata Sanskerta yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang artinya budi atau akal.

Jadi, kebudayaan bisa diartikan sebagai berbagai hal yang bersangkutan dengan budi atau akal manusia.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai kebudayaan yang memengaruhi kepribadian dalam materi sosiologi kelas 10 SMA.

O iya, kepribadian adalah watak khas seseorang yang terlihat dari luar sampai orang lain memberikan kepadanya suatu identitas khusus.

Identitas ksusus tersebut diterima oleh seseorang dari warga masyarakat, sehingga terbentuknya kepribadian dipengaruhi oleh kebudayaan.

Kepribadian suatu indivodu dipengaruhi oleh nilai-nilai dan norma dalam sistem budaya dan sistem sosial yang sudah diserap ke dalam diri melalui proses sosialisasi dan pembudayaan.

Yuk, kita simak penjelasan lengkap mengenai wujud, unsur, dan komponen kebudayaan dalam ilmu sosiologi berikut ini, Adjarian!

“Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia.” 

Baca Juga: Jenis-Jenis Substansi Kebudayaan di dalam Kehidupan Masyarakat

Wujud dan Unsur Kebudayaan

Wujud kebudayaan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: