Contoh Teks Inspirasi tentang Perjuangan R.A Kartini

By Jestica Anna, Senin, 14 Maret 2022 | 17:00 WIB
R.A Kartini merupakan pahlawan emansipasi perempuan yang berasal dari Rembang. (via Kompas.com)

adjar.id – Pernahkah Adjarian menulis teks inspirasi? Tokoh siapa yang mempelopori Adjarian dalam menulis teks tersebut?

Teks inspirasi merupakan salah satu teks yang dipelajari pada mata pelajaran bahasa Indonesia saat menduduki kelas 9 SMP.

O iya, materi ini masih terbilang cukup baru, lo. Maka dari itu, kita ketahui pengertiannya terlebih dahulu, yuk!

Teks inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ide atau gagasan yang bisa menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Nah, berdasarkan definisi tersebut, tujuan teks inspirasi adalah untuk meningkatkan dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, kita dapat mengambil tokoh-tokoh yang memiliki kisah perjuangan inspiratif, seperti pahlawan, tokoh agama, atau publik figur.

O iya, selain itu, teks inspirasi juga dapat diwujudkan dalam bentuk cerita binatang atau fabel supaya lebih menarik, lo.

Nah, kali ini kita akan membuat satu teks inspirasi mengenai perjuangan pahlawan R.A Kartini, langsung saja kita simak bersama, yuk!

“Teks inspirasi digunakan untuk menggugah motivasi serta rasa percaya diri pembacanya.”

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi tentang Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng

Contoh Teks Inspirasi Perjuangan R.A Kartini

Meskipun berasal dari keluarga terpandang dan terpelajar, namun keluarga Kartini masih memegang teguh tradisi, termasuk mengenai peran perempuan dalam keluarga dan kehidupan. Kartini menempuh pendidikan hanya sampai usia 12 tahun di Europese Lagere School (ELS).