Profesi Data Analyst: Tugas, Keahlian, dan Pendidikan

By Nabil Adlani, Rabu, 9 Maret 2022 | 08:00 WIB
Data menjadi salah satu bahan yang dikerjakan oleh seorang data analyst. (unsplash/Adeolu Eletu)

adjar.id – Adjarian, pernah mendengar profesi data analyst?

Data analyst merupakan pekerjaan untuk menerjemahkan angka-angka ke dalam bentuk laporan sehingga mudah dipahami oleh manajemen.

Data analyst bertanggungjawab terhadap pengolahan bahan yang diberikan agar bisa menentukan strategi pemasaran dalam bisnis.

Seorang data analyst akan banyak mengerjakan visualisasi data sebagai penghubung antara tim penjualan, pemasaran, teknis, dan strategi bisnis.

Nah, dalam pekerjaannya seorang data analyst akan banyak menggunakan berbagai program, seperti Excel, SQL, dan Tableau karena pekerjaan berhubungan dengan data dan angka.

Selain itu, menjadi seorang data analyst juga membuat pemahaman tentang statistik dan deskriptif menjadi lebih kuat dalam mengartikan sebuah data.

O iya, seorang data analyst juga harus memahami tentang penggunaan tools dalam membuat grafik dan istilah-istilah bisnis.

Bagi pemula, pekerjaan data analyst akan diisi oleh orang yang memiliki pengalaman di bidang keuangan, matematika, pemasaran, statistik, ekonomi, dan komputer, Adjarian.

Yuk, kita kenali lebih jauh mengenai profesi data analyst lengkap dengan tugas, keahlian, dan pendidikannya berikut ini! 

Baca Juga: Profesi Tenaga Ahli Prakiraan Cuaca: Peran, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier

Tugas Profesi Data Analyst

Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang data analyst, di antaranya: