Arti dan Contoh Penggunaan Kata Kinda, Ain't, dan Lemme

By Jestica Anna, Senin, 7 Maret 2022 | 10:30 WIB
Kata kinda, ain't, dan lemme termasuk dalam jenis contraction. (Pixabay)

adjar.id – Pernahkah Adjarian mendengar istilah “kinda”, “ain’t”, dan “lemme”?

Generasi milenial pasti sudah tidak asing lagi dengan ketiga kata tersebut. Sebab, istilah “kinda”, “ain’t”, dan “lemme” sangat sering digunakan dalam komunikasi informal baik secara lisan maupun tulis.

Dalam bahasa Inggris, singkatan-singkatan serupa termasuk ke dalam kategori contraction, lo. Apa yang dimaksud dengan contraction?

Dilansir dari Cambridge Dictionary, contraction meupakan bentuk singkat dari kata atau kombinasi kata yang sering digunakan sebagai pengganti bentuk lengkapnya.

Contraction ini kerap digunakan supaya pengucapan atau penulisan kata lebih singkat dan efisien. Akan tetapi, jenis kata ini cenderung digunakan saat situasi informal saja.

Jadi, kalau sedang berbicara dengan bapak/ibu guru atau sedang menulis jawaban ujian, jangan menggunakan contraction, ya, Adjarian.

O iya, bentuk umum contraction yang sering kita gunkaan adalah gabugan antara kata ganti (pronoun) dan to be atau to be not, misalnya kata she dan is menjadi she is, kata will dan not menjadi will not.

Lalu, bagaimana dengan kata “kinda”, “ain’t”, dan “lemme”? Apa kepanjangan dari ketiga kata tersebut?

Kita cari tahu, yuk!

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Penggunaan Kata Gotta, Gonna, dan Wanna

1. Kinda

Adjarian, kata “kinda” berasal dari gabungan kata “kind” dan “of” atau “kind of” yang berarti 'semacam', 'seperti', atau 'agak'.