Jurusan Radiologi: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Daftar Universitas

By Jestica Anna, Selasa, 22 Februari 2022 | 14:00 WIB
Jurusan Radiologi banyak belajar tentang sistem radiologi dan sistem anatomi manusia. (Unsplash/MickHaupt)

adjar.id – Apakah Adjarian pernah mendengar jurusan kuliah Radiologi? Apa itu Radiologi?

Radiologi sendiri merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnogsis bagian dalam tubuh manusia menggunakan radiasi gelombang.

Pada zaman dahulu, teknologi radiologi yang digunakan untuk memindai tubuh manusia hanya dapat menggunakan radiasi sinar X, lo!

Namun, seiring dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, radiologi tidak hanya menggunakan sinar X saja, akan tetapi memanfaatkan ultrasonik, seperti ultrasonography (USG) dan magnetic resonance imaging (MRI).

Nah, dengan begitu, mahasiswa jurusan ini tentunya akan banyak belajar tentang sistem radiologi hingga anatomi tubuh manusia.

Setelah berhasil menyelesaikan kuliah, lulusan jenjang D3 Radiologi para mahasiswanya akan menyandang gelar Ahli Madya Radiodiagnostik (Amd.Rad). Sementara lulusan D4, akan mendapati gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST).

Lulusan jurusan Radiologi akan mengantongi keterampilan dalam mengoperasikan alat-alat MRI, CT Scan, PET Scan, USG, Radioterapi, serta cara menganalisis hasilnya.

Dalam beberapa universitas, jurusan ini juga sering kali dikenal dengan nama Teknik Radiologi dan Teknik Radiodiagnostik. 

Nah, kali ini kita akan membahas lengkap mengenai jurusan Radiologi. Yuk, kita simak bersama!

Baca Juga: Jurusan Ilmu Keperawatan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Universitasnya

Mata Kuliah Jurusan Radiologi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, jurusan Radiologi akan banyak bersinggungan dengan sistem radiologi dan anatomi.