Jawab Soal Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat No 12-14, Kelas 6 SD

By Jestica Anna, Minggu, 20 Februari 2022 | 20:00 WIB
Terdapat empat operasi hitung bilangan bulat, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. (Pexels/Karolina Grabowska)

adjar.id – Pernahkah Adjarian menghitung bilangan bulat dengan berbagai operasi hitung?

Apakah kalian masih ingat apa yang dimaksud dengan bilangan bulat?

Bilangan bulat merupakan bilangan yang bukan pecahan atau disebut juga dengan bilangan penuh. Bilangan bulat terdiri dari bilangan positif (1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya) dan juga bilangan negatif (-1, -2, -3, -4, dan seterusnya).

Nah, untuk menyelesaikan perhitungan bilangan bulat, terdapat empat operasi perhitungan yang dapat kita gunakan, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 

Perhitungan yang berhubungan dengan bilangan bulat sering kali kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, saat kita pergi membeli barang di pasar swalayan, kita akan menghitung berapa total harga barang yang akan dibayar, apakah jumlah uangnya mencukupi atau kurang, dan lainnya. 

Oleh karena itu, kita wajib mempelajari operasi hitung pada bilangan bulat yang menjadi dasar dari penyelesaian masalah. 

O iya, materi ini juga dapat kita temukan di dalam pelajaran matematika kelas 6 SD, ya.

Latihan soal ini dapat kita temukan di dalam buku Senang Belajar Matematika, halaman 58. Yuk, kita kerjakan soalnya bersama-sama! 

Baca Juga: Jawab Soal Matematika Operasi Hitung Perkalian No 3-4, Kelas 6 SD

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

12. Skor pada kompetisi matematika adalah 4 untuk setiap jawaban yang benar. Selanjutnya, 0 untuk soal yang tidak dijawab dan -1 untuk setiap jawaban salah.