Contoh Teks Debat dengan Mosi atau Topik Pembelajaran Tatap Muka

By Jestica Anna, Rabu, 9 Februari 2022 | 16:00 WIB
Debat merupakan kegiatan pertentagan dar sebuah topik argumentasi. (Pexels/WernerPfennig)

adjar.id – Apakah Adjarian pernah membuat teks untuk debat?

Debat merupakan kegiatan pertentangan dari sebuah topik argumentasi. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali hal yang memicu perdebatan, baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

O iya, sebenarnya, debat tidak hanya asal beradu pendapat saja, lo. 

Di dalam melakukan perdebatan, kita tidak boleh berbicara dengan asal, setiap mengajukan pendapat kita dianjurkan untuk menyertai data dan menunggu kesempatan untuk berbicara.

Debat bertujuan untuk mengeksplorasi argumentasi pada setiap sudut pandang, supaya mampu dipahami secara persuasif.

Terdapat delapan unsur debat, yaitu mosi atau topik penyataan, definisi atau pembatasan topik, argumentasi, sanggahan, moderator, tim afirmasi atau pihak yang setuju, dan tim oposisi atau pihak yang mengelak, dan tim netral.

O iya, materi debat ini dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 10 SMA, lo.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan coba membuat satu teks debat dengan mosi atau topik pembelajaran tatap muka. Yuk, simak bersama!

“Dalam berdebat, pernyataan harus diungkapkan secara logis dan didukung data, tidak boleh berbicara dengan semena-mena, dan menunggu giliran berbicara.”

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Debat, Jenis, dan Ciri-Ciri Debat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Debat dengan Mosi atau Topik Pembelajaran Tatap Muka

Mosi= Penetapan Pembelajaran Tatap Muka Moderator= Ketetapan pemerintah sudah tersebar di mana-mana mengenai penerapan pembelajaran tatap muka lagi sekolah telah mengejutkan banyak pihak terutama orang tua siswa. Ada yang mendukung dan menanggapi secara positif, dan ada juga komentar negatif yang menolak.