Sikap-Sikap Selektif terhadap Pengaruh Kemajuan Iptek Bidang Ekonomi

By Nabil Adlani, Minggu, 9 Januari 2022 | 10:00 WIB
Perdagangan bebas antarnegara merupakan salah satu pengaruh dari kemajuan iptek bidang ekonomi. (unsplash/CHUTTERSNAP)

adjar.id – Memiliki sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan iptek sangat penting bagi bangsa Indonesia, khususnya di bidang ekonomi.

Kemajuan iptek membuat semua negara di dunia tidak bisa lepas dari pengaruhnya, meski negara tersebut adalah negara maju.

Terlebih, Indonesia adalah negara berkembang yang akan sangat sulit untuk menolak pengaruh atau keterlibatan dari kemajuan iptek tersebut.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai sikap-sikap selektif terhadap kemajuan iptek di bidang ekonomi yang menjadi materi PPKn kelas 12 SMA, Adjarian.

Pengaruh dari kemajuan iptek sendiri bisa berupa pengaruh positif dan juga pengaruh negatif bagi negara, khususnya bangsa Indonesia sendiri.

O iya, iptek adalah sebuah teknologi yang bisa menunjang segala kehidupan manusia sehingga bisa membangun peradaban modern.

Adjarian, sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia harus memiliki sikap yang tegas dan selektif terhadap kemajuan iptek ini.

Yuk, kita cari tahu tentang sikap selektif terhadap kemajuan iptek bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia berikut ini!

“Sebagai bangsa yang besar sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan iptek sangat penting dilakukan oleh bangsa Indonesia.”

Baca Juga: Sikap Selektif Terhadap Kemajuan Iptek di Berbagai Bidang Kehidupan

Sikap Selektif terhadap Kemajuan Iptek

Ada tiga alternatif sikap yang bisa diambil oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi kemajuan iptek, yaitu: