Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

By Nabil Adlani, Rabu, 29 September 2021 | 13:20 WIB
Dalam penyelenggarakan pemerintahan negara, nilai-nilai Pancasil menjadi dasar dari setiap pelaksanaannya. (unsplash/DinoJanuarsa)

adjar.id – Adjarian, pembahasan kali ini adalah tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaran pemerintahan negara Indonesia.

Nilai-nilai pada Pancasila ini mengacu pada suatu sistem nilai yang merupakan gabungan dari beberapa nilai-nilai yang disatukan untuk mencapai suatu tujuan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai nilai-nilai dalam Pancasila yang diterapkan di dalam penyelenggaraan pemerintahan negara yang menjadi materi PPKn kelas 10 SMA.

Sistem nilai sendiri menjadi suatu konsep yang menyeluruh mengenai sesuatu yang hidup dalam pikiran seseorang atau sebagian masyarakat mengenai apa yang dipandang baik.

Baca Juga: Hak Asasi Manusia dalam Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila sebagai nilai memiliki beberapa kandungan nilai, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan.

Adjarian, penyelenggaraan negara tetap harus didasari oleh nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam UUD 1945.

Yuk, kita simak nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia berikut ini!

 

“Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan dengan mengacu pada tujuan yang satu.”