Faktor Pendorong Ekspor dalam Perdagangan Antarnegara

By Abby Wijaya, Selasa, 28 September 2021 | 08:00 WIB
Salah satu faktor pendorong kegiatan ekspor adalah keadaan sumber daya alam di luar suatu negara. (pixabay)

adjar.id - Apakah Adjarian pernah membeli produk luar negeri?

Ataukah Adjarian pernah menjual produk dalam negeri ke luar negeri?

Sejak dahulu manusia sudah melakukan aktivitas berdagang.

Hanya saja mulanya dulu aktivitas yang dilakukan adalah barter, yakni menukarkan apa yang dimiliki dengan barang yang dibutuhkan.

Baca Juga: Contoh Aktivitas Perdagangan Antarnegara

Seiring berjalannya waktu, aktivitas perdagangan juga berkembang.

Sebagai contoh, di jalan raya kita melihat beragam mobil yang diproduksi oleh berbagai negara di dunia. Nah, itu adalah salah satu hasil dari aktivitas perdagangan.

Perdagangan tersebut dinamakan sebagai aktivitas perdagangan antarnegara.

Pengiriman barang dari luar negeri dan masuk ke Indonesia disebut dengan impor. Sementara, pengiriman barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut ekspor.

Nah, kali ini kita akan membahas faktor pendorong ekspor dalam perdagangan antarnegara. 

 

"Perdagangan antarnegara dengan mengirimkan barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut ekspor."

 

Faktor Pendorong Ekspor

1. Keadaan Pasar di Luar Negeri

Faktor pendorong ekspor pertama adalah keadaan pasar di luar negeri.

Maksudnya adalah apa yang tidak ada di luar negeri dan ada di dalam negeri, itu bisa menjadi kesempatan bagi kita.

Kita semua tahu bahwa semua negara memiliki sumber daya alam yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Baca Juga: Manfaat Perdagangan Antarnegara

Ini memicu perdagangan antarnegara karena kita bisa saling melengkapi satu sama lain dengan mengirim atau menerima produk dari luar negeri.

Nah, memahami keadaan pasar di luar negeri membantu kita untuk memulai aktivitas ekspor karena kita mengerti apa yang sebenarnya negara lain butuhkan.

 

"Sumber daya alam dari satu negara dengan negara lain bisa berbeda-beda."

 

2. Kondisi Sosial, Ekonomi dan Politik

Faktor pendorong ekspor lainnya adalah kondisi sosial, ekonomi dan politik.

Perdagangan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Melakukan ekspor berarti membuka pasar yang lebih luas lagi untuk produk yang kita produksi sehingga bisa mendatangkan peluang dan keuntungan yang lebih besar.

Jika keuntungan meningkat, maka taraf hidup dan kesejahteraan juga akan meningkat.

Baca Juga: Kebijakan Pemerintah dalam Mendukung Kegiatan Perdagangan Ekspor

O iya, ketiga jenis kondisi tadi pada dasarnya terkait satu sama lain.

Sebagai contoh, kita mengirim produk ke suatu negara, tapi rupanya sedang ada perang di negara tersebut. Maka, proses pengiriman atau kegiatan ekspor bisa terganggu.

Oleh karena itu kondisi sosial, ekonomi dan politik dari suatu negara menjadi salah satu faktor pendorong ekspor dari perdagangan antarnegara.

Kondisi sosial, ekonomi, dan politik yang stabil akan mendukung kegiatan ekspor.

Nah, itu adalah beberapa faktor pendorong ekspor dalam perdagangan antarnegara.

Sekarang jawab pertanyaan di bawah, yuk!

 

Pertanyaan
Sebutkan contoh faktor pendorong ekspor!
Petunjuk: Cek halaman 2-3.