Jawab Soal Apakah Membersihkan Kelas Bersama Merupakan Gotong Royong, Kelas 3 Tema 3 Subtema 2

By Irfan Sholeh, Jumat, 24 September 2021 | 15:30 WIB
Gotong royong memberikan banyak sekali manfaat bagi kita yang menjalankannya. (Unsplash/Clay Banks)

adjar.id - Adjarian, pada buku tematik kelas 3 tema 3 subtema 2, kita akan diminta untuk memberikan tanggapan kita mengenai kerja bakti di dalam kelas bersama, yaitu gotong royong.

Pada halaman 107, kita dapat melihat sepuluh pernyataan dan kita akan mencoba untuk menanggapiny adengan cara memilih setuju atau tidak setuju.

O iya, kita memilih dengan jawaban juga berdasarkan pernyataan yang ada, ya.

1. Membersihkan kelas bersama merupakan contoh gotong royong.

Ya, membersihkan kelas bersama adalah merupakan salah satu contoh gotong royong.

Baca Juga: Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Gotong Royong

2. Gotong royong adalah ciri khas bangsa Indonesia.

Ya, gotong royong merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia.

Terdapat tradisi gotong royong di banyak wilayah di Indonesia. Misalnya mapalus dari Minahasa, pangelih dari Kalimantan Barat, ngayah dari Bali, dan lainnya.

Maka tak heran, semangat gotong royong dilestarikan juga di dalam sila-sila pancasila.

3. Kegiatan gorong royong hanya dapat dilakukan di lingkungan rumah.

Kegiatan gotong royong tidak hanya dapat dilakukan di lingkungan rumah.

Kita juga dapat melakukan gotong royong di desa, tempat tinggal, sekolah, dan lainnya.

4. Gotong royong membuat pekerjaan yang sulit menjadi mudah.

Ya, gotong royong dapat membuat pekerjaan menjadi mudah.

Hal ini dikarenakan di dalam gotong royong, banyak sebagian orang yang menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

Baca Juga: Manfaat dan Nilai yang Terkandung dalam Gotong Royong

5. Kegiatan gotong royong harus dilakukan dengan ikhlas.

Nilai yang terkandung dalam gotong royong adalah merupakan pengorbanan. Ketika kita gotong royong, kita mengorbankan waktu dan tenaga kita untuk mengikuti gotong royong tersebut.

Tanpa rasa ikhas, tentunya kita tidak akan menjalani gotong royong dengan mudah.

6. Gotong royong akan mempererat tali persaudaraan.

Gotong royong agar berjalan lancar memerlukan persatuan. Oleh karena itu, gotong royong juga dapat mempererat rasa persaudaraan orang-orang yang melakukannya.

7. Tidak turut serta bergotong royong, karena jumlah orang yang ikut gotong royong sudah banyak.

Gotong royong berbeda dengan bekerja. Jika bekerja menuntut kecepatan dan kefektifan, gotong royong tidak hanya mempersoalkan keduanya.

Di dalam gotong royong juga terdapat kekeluargaan, oleh karena itu, alangkah baiknya, jika kita mengikuti gotong royong walaupun sebagian orang yang sudah mengikuti ini sudah banyak. 

8. Kebiasaan gotong royong mulai berkurang, khususnya di kota besar.

Untuk jawaban ini, Adjarian, juga dapat mengamatinya sendiri. Kita yang tinggal di kota lebih besar, jauh lebih mengerti sebab kita mengalaminya sendiri. 

gotong royongBaca Juga: Jawab Soal Contoh Kegiatan Gotong Royong, Kelas 3 Tema 3 Subtema 2

9. Kita harus melestarikan kegiatan gotong royong

Ya, gotong royong harus dilestarikan bukan karena ia merupakan budaya bangsa, melainkan karena gotong royong masih memiliki banyak manfaat bagi kita yang mengikutinya.

10. Contoh kegiatan gotong royong di kelas adalah mengerjakan soal ujian bersama-sama.

Gotong royong adalah mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dalam kebaikan.

Jika mengerjakan soal ujian bersama itu merupakan hal yang curang, maka itu bukanlah bentuk dari gotong royong.

Nah Adjarian, itulah cara menanggapi pernyataan yang terdapat di halaman 109 buku tematik, ya.