Jawab Soal PPKn Kelas 11 SMA, Prinsip-Prinsip untuk Mewujudkan Kehidupan Demokratis

By Nabil Adlani, Selasa, 21 September 2021 | 19:00 WIB
Melakukan musyawarah dalam memutuskan permasalahan bisa mewujudkan kehidupan yang demokratis. (pxhere)

adjar.id – Adjarian, dalam kehidupan kita juga harus menerapkan prinsip-prinsip untuk mewujudkan kehidupan yang demokratis.

Demokrasi sendiri tidak akan bisa terwujud tanpa danya dukungan dari warga masyarakat.

Pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 SMA edisi revisi 2017, terdapat satu soal dalam Uji Kompetensi di halaman 75.

Soal tersebut meminta kita untuk menjelaskan mengenai prinsip-prinsip yang perlu dilaksanakan untuk mewujudkan kehidupan yang demokratis.

Baca Juga: Periodisasi Perkembangan Demokrasi Pancasila di Indonesia

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas mengenai jawab soal tersebut yang juga menjadi materi PPKn kelas 11 SMA sebagai bahan referensi Adjarian saat mengerjakannya.

Nah, tumbuhnya budaya demokrasi sendiri disebabkan karena masyarakat tidak suka dengan tindakan yang sewenang-wenang yang dilakukan pemerintah atau masyarakat itu sendiri.

Jadi kehidupan demokratis sendiri akan bisa terwujud jika ada keinginan dari masyarakat untuk mewujudkannya dalam kehidupan.

Yuk, kita simak penjelasan mengenai prinsip-prinsip yang dapat dilakukan masyarakat sebagai jawaban dari uji kompetensi di halaman 75 berikut ini!