Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Ciri Reklame, Materi Kelas 6 Tema 4

By Irfan Sholeh, Selasa, 21 September 2021 | 15:20 WIB
Umumnya, papan reklame harus dibuat dengan gambar dan tulisan yang menarik dan efektif. (Unsplash/Bram Naus)

adjar.id - Apakah Adjarian pernah, melihat sebuah papan reklame?

Kali ini kita akan mencari tahu pengertian, tujuan, jenis, dan ciri dari sebuah reklame. 

Materi reklame juga dapat kita temukan salah satunya di dalam buku tematik kelas 6 tema 4 subtema 1, ya. 

Namun, apakah Adjarian tahu, reklame itu apa?

Baca Juga: Mempelajari Definisi , Tujuan, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Iklan

Reklame adalah suatu media yang akan membantu sebuah produsen dalam memasarkan atau mempromosikan produk atau informasi baru kepada masyarakat. 

Umumnya, reklame menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Sekarang, yuk, kita simak informasi mengenai reklame di bawah ini, ya!

 

"Reklame adalah sebuah media untuk memasarkan produk sebuah lembaga konsumen."

 

Pengertian Reklame

Seperti yang sudah Adjarian ketahui, reklame merupakan media yang membantu para produsen untuk mempromosikan barang kepada masyarakat.

Selain itu, reklame juga dapat berupa jasa, ya. 

O iya, di dalam reklame kita juga dapat memberikan informasi penting juga, lo.

Contohnya, bahaya mengenai COVID-19 atau narkoba. 

Baca Juga: Mempelajari Definisi , Tujuan, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Iklan

Kita juga dapat mengartikan reklame sama seperti iklan, ya. 

Namun, ada sebagian masyarakat yang menganggap reklame dan iklan adalah dua hal yang berbeda.

Sebab, walaupun terlihat mirip, keduanya memiliki penulisan yang berbeda. 

Contohnya, iklan yang menggunakan kata-kata yang terbilang cukup panjang. 

 

"Reklame membantu menyebarkan ajakan atau informasi atas suatu barang dan jasa."

 

Hal ini dikarenakan iklan ditampilkan di tempat yang memungkinkan.

Contohnya, iklan yang ditampilkan di dalam majalah. 

Hal ini memungkinkan iklan untuk menampilkan teks panjang mengenai produk yang mereka ingin tawarkan kepada pembacanya. 

Berbeda halnya dengan reklame yang kita jumpai di tempat umum. 

Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci Iklan serta Fungsi dari Kata Kunci

Umumnya, reklame tidak akan menggunakan kalimat yang panjang dan detail.

Sebab, ruang yang diberikan sangatlah terbatas. 

Oleh karena itu, reklame yang kita jumpai, lebih sering menggunakan kalimat yang terbilang cukup singkat dan memikat para pembacanya.

 

"Reklame lebih singkat dalam penggunaan katanya dibandingkan iklan."

 

Tujuan dan Jenis Reklame

Terdapat dua jenis reklame dengan dua jenis tujuan yang berbeda.

Berikut ini, adalah tujuan dan jenis reklamenya, yaitu:

1. Reklame Komersial

Reklame komersial adalah reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis.

Reklame ini dibuat oleh perusahaan atau orang yang hendak menawarkan barang dan jasa yang mereka hasilkan.

Baca Juga: Jawab Soal Menyimpulkan Iklan 'Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pangkal Rumah Tangga Sehat', Kelas 5 Tema 3 Subtema 1

Dengan menggunakan reklame, harapannya, orang-orang menjadi mengerti mengenai produknya sehingga mau menggunakannya. 

Dengan begini, produsen dapat menghasilkan banyak sekali keuntungan. 

 

"Reklame komersial adalah reklame yang dibuat untuk kepentingan binis."

 

2. Reklame Non Komersial

Reklame non komersial umumnya datang dari dinas pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan lembaga non profit lainnya.

Umumnya, lembaga ini tidak mencari keuntungan secara finansial.

Reklame yang ditampilkan juga berupa ajakan masyarakat umumnya.

Ciri-Ciri Reklame yang Baik

Baca Juga: Jawab Soal Kata Kunci Iklan Elektronik Demam Berdarah, Kelas 5 Tema 3

Ciri-ciri reklame yang baik, yaitu:

1. Efektif

Dengan adanya keterbatasan ruang, sebuah reklame harus memiliki kata-kata yang efektif.

Selain itu, juga mempunyai kalimat yang tepat dan ringkas. 

Jika memiliki kalimat yang cukup panjang, masyarakat akan kesulitan mengingatnya. 

Dengan menggunakan kalimat yang ringkas, masyarakat lebih mudah mengingat iklan atau informasi yang diberikan.

 

"Reklame yang baik harus efektif."

 

2. Menarik

Tidak hanya menggunakan kata-kata yang ringkas dan memikat saja, reklame juga wajib memiliki gambar dan pilihan yang menarik.

Semakin menarik, semakin tinggi kemungkinan masyarakat mengingat.

Baca Juga: Perbedaan Iklan Visual, Audio, dan Audio Visual

3. Masif

Masif di sini berartikan, bahwa setiap reklame wajib di sebar di beberapa titik keramaian. 

Semakin banyak reklame disebar, semakin tinggi juga kesadaran masyarakat kita akan iklan dan informasi yang ingin diberikan.

Nah Adjarian, itulah pengertian, tujuan, dan ciri reklame yang perlu kita ketahui dan pelajari.

Sekarang, yuk, coba jawab soal di bawah ini!

 

Pertanyaan
Sebutkan perbedaan iklan dan reklame!
Petunjuk: Cek halaman 2.