Jawab Soal Materi Ekonomi Kelas 10 SMA, Faktor yang Memengaruhi Penawaran

By Nabil Adlani, Jumat, 10 September 2021 | 16:30 WIB
Tingkatan sebuah harga menjadi salah satu faktor munculnya penawaran. (unsplash)

adjar.id – Adjarian, dalam suatu ekonomi terdapat beberapa faktor yang memengaruhi penawaran terdapat suatu barang atau jasa.

Pada buku Membuka Cakrawala Ekonomi kelas 10 SMA, terdapat satu soal pada uji kemampuan bab 3 di halaman 70.

Soal pada uji kemampuan bab 3 tersebut meminta kita untuk mendeskripsikan faktor yang memengaruhi sebuah penawaran yang juga menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas jawaban dari soal tersebut untuk referensi Adjarian dalam mengerjakan soal tersebut.

Baca Juga: Jenis-Jenis Struktur Pasar, Salah Satunya Pasar Persaingan Sempurna

Penawaran atau supply merupakan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkatan harga dan faktor-faktor lain yang tetap.

Nah, dalam ilmu ekonomi juga ada yang dinamakan dengan hukum penawaran, yaitu saat harga suatu barang atau jasa naik maka penawaranya akan ikut naik juga.

Akan tetapi, jika harga suatu barang atau jasa tersebut turun, maka penawarannya juga akan turun juga.

Setelah sedikit membuka ingatan kita terhadap penawaran, sekarang kita simak penjelasan mengenai jawaban soal uji kemampuan bab 3 di halaman 70, yuk!

Penawaran selain karena harga dari barang itu sendiri juga ada beberapa faktor yang memengaruhinya, berikut ini faktor yang memengaruhi, di antaranya:

1. Biaya Produksi

Saat biaya produksi lebih rendah dari harga di pasar, maka bisa membuat produsen mendapatkan keuntungan dengan menawarkan barang dan jasa yang lebih besar.

Akan tetapi, jika biaya produksi lebih tinggi dari harga pasar, jumlah produksi sebuah perusahaan akan menjadi lebih sedikit.

Maka dari itu, biaya produksi merupakan hal yang utama dalam memengaruhi tingkatan penawaran terhadap suatu barang atau jasa.

Baca Juga: Jawab Soal Ekonomi Kelas 10 SMA, Menguraikan Faktor yang Memengaruhi Permintaan

Kaitan antara biaya produksi sebagai faktor yang memengaruhi penawaran yaitu dengan biaya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang atau jasa.

Biaya-biaya tersebut dapat biaya pembelian bahan baku, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

2. Perkembangan Teknologi

Perkembangan atau kemajuan teknologi juga memengaruhi jumlah barang yang tersedia untuk dipasarkan.

Adanya teknologi yang sudah berkembang membuat produsen akan mendapat kemudahan untuk menghasilkan produksi.

Adanya mesin-mesin yang modern bisa menurunkan biaya produksi yang juga membuat produsen bisa menghasilkan barang lebih banyak untuk dijual.

O iya, perkembangan teknologi ini yaitu merupakan jumlah faktor produksi yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit.

Biaya faktor produksi yang lebih rendah bisa mendorong produsen untuk meningkatkan pemasukannya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis, Fungsi dan Faktor yang Memengaruhi Penawaran

3. Harga di Masa Depan

Jumlah suatu penawaran bisa dipengaruhi oleh perkiraan harga suatu barang di masa depan.

Misalnya, sebuah perusahaan memperikarakan bahwa harga produksi akan naik pada beberapa tahun ke depan, akan tetapi penghasilan masyarakat cenderung tetap.

Maka, perusahaan dapat menurunkan jumlah produksi yang akan ditawarkan di pasar, sehingga penawaranpun akan berkurang.

4. Adanya Pajak

Pajak sudah menjadi ketetapan yang diberlakukan pemerintah di suatu negara terhadap suatu produksi apapun. 

Nah, pengaruh dari pajak ini, yaitu kaitannya dengan rendah tingginya harga suatu barang.

Jadi, jika pajak tinggi, maka harga barang menjadi ikut tinggi yang berdampak pada menurunnya permintaan dan juga penawaran.

5. Adanya Produsen Baru

Besarnya jumlah barang yang ada dalam suatu pasar juga dipengaruhi oleh adanya para produsen baru.

Banyaknya produsen yang memproduksi barang yang sama membuat barang tersebut menjadi banyak di pasaran.

Baca Juga: Pengertian Kegiatan Produksi serta Jenis-Jenis Kegiatan Produksi

Hal ini bisa berdampak terdapat penawaran terhadap barang tersebut di dalam pasar.

6. Tujuan dari Perusahaan

Tujuan perusahaan menjadi salah satu faktor yang juga memengaruhi sebuah penawaran.

Nah, misalnya perusahaan bertujuan untuk mengusai sebuah pasar, maka perusahaan tersebut akan menetapkan harga yang lebih rendah dari harga lainnya.

Meski keuntingan yang didapat lebih rendah, tetapi konsumen akan lebih tertarik karena harga yang murah sehingga penawaran menjadi meningkat.

Nah Adjarian, itulah cara menjawab soal uji kemampuan bab 3 di halaman 70, ya!