Jawab Soal PPKn Kelas 12 SMA, Contoh Perilaku Ketidakpatuhan Terhadap Hukum

By Nabil Adlani, Kamis, 2 September 2021 | 16:20 WIB
Ketidakpatuhan terhadap hukum merupakan suau bentuk dari pelanggaran. (pixabay)

adjar.id – Dalam kehidupan ada beberapa kasus mengenai ketidakpatuhan terhadap hukum yang bisa menjadi pelanggaran hukum.

Pelanggaran hukum sendiri yaitu sebuah tindakan dari seseorang yang bertentangan dan tidak sesuai dengan aturan yang telah berlaku, baik dalam masyarakat atau negara.

Pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 12 SMA edisi revisi 2018 terdapat soal uji kompetensi bab 2 halaman 68.

Baca Juga: Mengetahui Lembaga Penegak Hukum di Indonesia dan Peranannya

Nah, di soal uji kompetensi tersebut ada satu soal untuk menjelaskan contoh-contoh perilaku ketidakpatuhan terhadap hukum di berbagai lingkungan.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut sebagai bahan referensi Adjarian dalam mengerjakan soal tersebut yang juga materi PPKn kelas 12 SMA. 

Ketidakpatuhan terhadap hukum sendiri bisa terjadi diberbagai lingkungan kehidupan yang terjadi karena adanya pengingkaran kewajiban yang sudah ditetapkan.

Yuk, apa saja contoh-contoh perilaku ketidakpatuhan terhadap hukum, baik di lingkungan sekolah, masyarakat, keluarga, serta bangsa dan negara.