adjar.id - Adjarian, pada pembelajaran 3 buku tematik kelas 3 tema 2 subtema 3 kita akan membuat pertanyaan berdasarkan teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai.
Pertanyaan yang akan kita buat ini nanti akan kita coba untuk mencoba bermain peran.
Nah, Adjarian harus membagi peran bersama teman-teman.
Ada yang menjadi siswa, ada yang menjadi penjaga hutan bakau, dan kalau kurang, kalian juga bisa menambahkan peran guru.
Baca Juga: Membuat Pertanyaan dari 'Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya', Kelas 5 Tema 2
Sekarang, yuk, kita coba membuat dialog berdasarkan teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai.
Pertanyaan berdasarkan Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai
Pada contoh ini, terdapat empat peran, yakni bapak penjaga hutan, ibu guru, dan dua orang siswa yang bernama Udin dan Lani.
Yuk, kita baca!
Ibu guru (I): Anak-anak, sekarang kita sudah sampai ke hutan bakau. Kalau kalian membawa sandal, boleh, lo, mengganti sepatu kalian.
Siswa: baik, bu.
Ibu guru dan siswa: Selamat pagi, Pak!
Bapak penjaga (B): Selamat pagi ibu dan anak-anak. Bagaimana perjalanannya dari sekolah?
Udin (U): Lancar, Pak!
Baca Juga: Membuat Pertanyaan Wawancara kepada Wirausahawan, Kelas 5 Tema 2
B: Wah, syukurlah, selamat datang di hutan bakau. Apa yang mau kalian pelajari di hutan bakau ini?
Lani (L): Kami mau belajar mengenai perawatan dan pelestarian hutan bakau, Pak.
B: Hebat. Meskipun rumah kalian jauh dari pantai kalian juga harus mempelajari hutan bakau karena negara kita, kan, banyak pantainya.
U: Memang apa hubungannya hutan bakau dan pantai, Pak?
B: Ada, dong. Hutan bakau ini melindungi pantai dari pengikisan. Tanpa hutan bakau, pantai-pantai kita akan terkikis. Hutan bakau juga meredam pantai dari gelombang besar.
L: Wah, banyak juga, ya, manfaat hutan bakau bagi pantai. Terus, dengan manfaat sepenting itu, bagaimana cara bapak merawat dan melestarikan hutan bakau ini?
B: Pertama, yang melestarikan hutan bakau ini bukan cuma bapak, ya.
Ini merupakan kerja sama semua pihak, baik warga sekitar, pengunjung seperti adik-adik, ataupun orang-orang yang beraktivitas di sekitar sini.
Baca Juga: Jawab Soal Membuat Pertanyaan tentang Tanaman di Sekitar Kita, Kelas 4 Tema 3
Nah, kalau soal cara ada dua cara, penyiangan dan penyulaman. Penyiangan itu pembasmian hama sedangkan penyulaman itu penggantian pohon yang sudah mati.
O iya, penggantian pohon tidak asal, ya. Pohon atau bibit yang mati harus diganti dengan pohon atau bibit yang seumuran agar pertumbuhan pohon-pohon seragam.
U: Tadi bapak bilang kelestarian hutan bakau juga bergantung orang-orang yang beraktivitas di sekitar sini. Memang siapa saja yang beraktivitas di sekitar sini?
B: Salah satu orang yang sering beraktivitas di sekitar hutan bakau adalah pencari ikan dan kepiting.
Kadang, ada saja pencari ikan dan kepiting yang teledor jadi mereka menginjak bibit atau pohon bakau. Ini tentu saja merusak.
L: Tapi setahu saya kepiting merupakan ancaman juga buat pohon bakau yang belum berusia satu tahun. Berarti para pencari kepiting itu juga berjasa dong, Pak?
Baca Juga: Jawab Soal Membuat Pertanyaan Bentang Alam, Kelas 4 Tema 3 Subtema 1
B: Iya, betul, mereka bisa dibilang juga berjasa mengendalikan populasi kepiting, sehingga tanaman bakau aman. Selain kepiting ada yang tahu ancaman buat bibit atau pohon bakau?
U: Saya tahu, Pak. Ombak dan binatang pemakan daun juga dapat merusak tanaman bakau.
B: Wah, pintar sekali kalian.
I: Ada yang mau anak-anak tanyakan lagi? Kalau tidak ada, kita beristirahat dulu, yuk. Tapi sebelumnya, ucapkan apa pada bapak penjaga?
Siswa: Terima kasih, Pak.