Membuat Pertanyaan dari Teks 'Proklamasi Kemerdekaan Indonesia', Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3

By Irfan Sholeh, Selasa, 10 Agustus 2021 | 17:40 WIB
Teks proklamasi kemerdekaan dirumuskan di rumah seorang perwira tinggi Jepang. (via munasprok.go.id)

adjar.id - Adjarian, pembelajaran 3 buku tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 kita lakukan pada bulan Agustus.

Bertepatan dengan bulan Agustus, pada pembelajaran 3 buku tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 ini kita menemukan sebuah teks berjudul Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut terdapat pada halaman 22-23.

Baca Juga: Jawab Soal 'Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor pada Hewan', Kelas 6 Tema 1

Nah, kali ini kita akan mencoba membuat pertanyaan dari teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Dalam membuat pertanyaan, ingat, ya, kita dibantu oleh enam kata tanya, yakni apa, kapan, di mana, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Dengan enam kata itu pula kita akan membuat pertanyaan dari teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Membuat Pertanyaan dari teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

O iya, Adjarian, kalian juga harus ingat pula kalau dari satu kata tanya, kita bisa saja, lo, membuat lebih dari satu pertanyaan.

Sekarang, yuk, kita simak contoh pertanyaan-pertanyaan dari teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di bawah ini!

Apa

- Apa yang dimiliki oleh rakyat Indonesia setelah proklamasi dibacakan?

Setelah proklamasi dibacakan, rakyat Indonesia menjadi memiliki negara yang merdeka, berdaulat, dan bermartabat.

Baca Juga: Jawab Soal Mengisi Peta Pikiran Teks 'Proklamasi Kemerdekaan Indonesia', Kelas 6 Tema 2

Siapa

- Di rumah siapakah teks proklamasi dirumuskan?

Teks proklamasi dirumuskan di rumah Laksamana Tadashi Maeda.

Di mana

- Di manakah proklamasi dibacakan?

Proklamasi dibacakan di rumah Ir. Soekarno yang berada di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

Kapan

- Kapan Moh. Hatta lahir?

Hatta lahir 12 Agustus 1902.

Mengapa

- Mengapa Laksama Tadashi Maeda, perwira tinggi angkatan laut Kekaisaran Jepang mau membantu rakyat Indonesia memperoleh kemerdekaan?

Hal ini karena Laksamana Tadashi Maeda memiliki simpati yang besar atas penderitaan dan perjuangan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Menulis Informasi dari Teks 'Bunga Teratai', Kelas 6 Tema 2 Subtema 1

Bagaimana

- Bagaimana peran golongan muda tatkala proklamasi sedang dirumuskan?

Golongan muda juga ikut berkumpul di rumah Laksamana Tadashi Maeda tatkala proklamasi dirumuskan dan mereka juga memiliki andil pada saat perumusan proklamasi.

Misalnya Sayuti Melik yang mengetik dan menyempurnakan teks proklamasi kemerdekaan atau Sukarni yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani Soekarno dan Hatta.