Jawab Soal Kelas 5 SD, Menentukan Ide Pokok Teks 'Gerabah dari Pulau Madura'

By Irfan Sholeh, Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:35 WIB
Gerabah merupakan kerajinan yang telah berusia ribuan tahun. (pixabay)

adjar.id - Adjarian, pada buku tematik kelas 5 tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 kita menemukan bacaan berjudul Gerabah dari Pulau Madura.

Nah, setelah menyimak teks tersebut kita akan mencoba menentukan ide pokok teks Gerabah dari Pulau Madura yang ada di buku tematik kelas 5 tema 1 subtema 3 ini.

Dengan dapat menentukan ide pokok, kita bisa lebih mengerti suatu teks.

Nah, sekarang, yuk kita tentukan ide pokok teks Gerabah dari Pulau Madura!

Baca Juga: Menentukan Ide Pokok teks 'Otot Manusia', Kelas 5 Tema 1 Subtema 2

Ide Pokok Teks Gerabah dari Pulau Madura

Ide Pokok Paragraf ke-1

Paragraf pertama memberikan kita informasi penting mengenai gerabah. Rupanya kerajinan gerabah telah dibuat sejak ribuan tahun Sebelum Masehi.

Kemudian pada gagasan pendukung, dijelaskan bahwa di Nusantara pun terdapat kerajinan-kerajinan dari gerabah. Salah satunya berasal dari Pulau Madura.

Ide Pokok Paragraf ke-2

Paragraf ke-2 menyatakan banyak fungsi gerabah di masyarakat.

Gerabah tidak hanya berguna untuk keperluan rumah tangga saja, tapi juga diperlukan dalam urusan peribadahan hingga pemakaman.

Oleh karena banyak fungsinya, gerabah kadang dibuat secara sederhana. Di sini dijelaskan kadang gerabah dibuat dengan adonan kasar dan pembuatan yang sederhana.

Ide Pokok Paragraf ke-3

Pada paragraf ini dinyatakan kalau gerabah di Pulau Madura masih sangat berkait dengan gerabah para leluhurnya, terutama pada proses pembuatan yang masih sederhana.

Baca Juga: Jawab Soal Apa Bentang secara Umum Pulau Bali? Kelas 5 Tema 1

Ide Pokok Paragraf ke-4

Pada paragraf keempat, ide pokoknya adalah bahan pembuatan gerabah Madura.Di sini dijelaskan bahwa gerabah Madura terbuat dari tanah liat berwarna kuning dengan pasir halus.

Bahan ini relatif lebih baik ketimbang tanah liat yang berwarna hitam.

Ide Pokok Paragraf ke-5

Pada paragraf ini kita membaca daerah-daerah di Madura yang memproduksi Gerabah. Dua daerah yang terkenal adalah Karang Penang Sampang dan Andulang Sumenep.

Ide Pokok Paragraf ke-6

Jika pada paragraf kelima kita mendapat informasi banyak daerah di Madura yang merupakan tempat produksi gerabah, pada paragraf keenam kita membaca bahwa sebenarnya lebih banyak daerah di Madura yang tidak dapat memproduksi gerabah.

Baca Juga: Menentukan Ide Pokok Teks 'Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia', Kelas 5 Tema 1 Subtema 2

Hal ini dijelaskan karena kandungan tanah di daerah-daerah Madura umumnya berpasir sehingga sulit digunakan sebagai bahan pembuatan gerabah.

Ide Pokok Paragraf ke-7

Nah, masih berkaitan dengan daerah di Madura yang membuat gerabah, di sini dijelaskan bahwa antardaerah yang memproduksi gerabah telah membuat perjanjian.

Tiap daerah memiliki corak gerabah yang berbeda sehingga mengurangi persaingan yang mungkin terjadi antardaerah.

Ide Pokok Paragraf ke-8

Pada paragraf ke-8, ide pokoknya adalah alat-alat pembuatan gerabah di Madura masa kini yang rupanya tidak berbeda jauh dengan alat-alat pembuatan sejarah pada masa prasejarah.

Ide Pokok Paragraf ke-9

Setelah mengetahui alat-alat pembuatan gerabah, pada paragraf ke-9 dinyatakan proses pembuatan gerabah Madura.

Baca Juga: Rangkuman Kondisi Geografis Pulau-Pulau Besar di Indonesia Berdasarkan Peta, Jawab Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 1

Ide Pokok Paragraf ke-10

Pada paragraf ini dinyatakan bahwa ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan masih eksisnya kerajinan gerabah di Madura.

Mulai dari para pengrajin yang mendapat pekerjaan, pembeli yang memeroleh gerabah kualitas jempolan, hingga warisan budaya yang terjaga.

Ide Pokok Paragraf ke-11

Nah, paragraf penutup ini ditutup dengan murung. Di sini kita mengetahui tantangan gerabah Madura dan para pengrajinnya sebab mereka bersaing dengan produk-produk modern.