Menentukan Gagasan Pokok 'Perbedaan Bukan Penghalang', Kelas 4 Tema 1

By Irfan Sholeh, Kamis, 29 Juli 2021 | 21:20 WIB
Diperlukan kerja sama dan perencaan agar kita dapat menghias kelas dengan efektif dan menyenangkan. (pixabay)

adjar.id - Adjarian, pada buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 4 kita menemukan bacaan berjudul Perbedaan Bukan Halangan.

Nah, kali ini kita akan menentukan gagasan pokok serta gagasan pendukung yang menyusun teks Perbedaan Bukan Halangan.

Membaca judulnya, kita akan segera teringat pada sila ketiga Pancasila, yakni "Persatuaan Indonesia".

Baca Juga: Menentukan Gagasan pada Teks 'Bekerja sama dalam Keberagaman', Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 2

Dalam penerapan sila ketiga Pancasila, perbedaan agama, suku, golongan, dan lain-lain bukanlah penghalang.

Persatuan harus kita amalkan agar kita bisa hidup berdampingan dengan tentram.

 

"Teks berjudul Perbedaan Bukan Halangan menunjukkan penerapan sila ketiga Pancasila."

 

Menentukan Gagasan Pokok Perbedaan Bukan Halangan

Nah, tadi kita sudah menebak-nebak isi dari bacaan ini. Apa saja, ya, kira-kira tujuan yang akan dicapai dalam teks ini?

Serta, apa saja perbedaan yang ditampilkan dalam Perbedaan Bukan Halangan?

Pada paragraf pertama kita membaca mengenai adanya pelaksanaan lomba menghias kelas.

Baca Juga: Menulis Laporan Percobaan di Manakah Bunyi, Kelas 4 Tema 1 Subtema 2

Dijelaskan pada gagasan pendukung bagaimana Udin dan kawan-kawan menyiapkan kelas untuk mengikuti perlombaan ini.

Pada Jumat lalu mereka telah melakukan perencanaan dan pada Minggu ini mereka melaksanakan rencana mereka.

Pada paragraf ketiga kita mulai melihat perbedaan antara Udin dan kawan-kawannya.

 

"Perbedaan agama, suku, dan lain-lain bukanlah halangan untuk bersatu."

 

Dijelaskan pada gagasan pendukung bahwa Edo dan Marta merupakan pemeluk agama Katolik.

Pada Minggu pagi mereka tidak bisa langsung menuju sekolah melainkan harus ke Sekolah Minggu di Gereja.

Namun, karena antara mereka terjadi saling toleransi, mereka memaklumi Edo dan Marta. Edo dan Marta akan menjalankan ibadah lebih dulu, baru kemudian ke sekolah.

Di sini dijelaskan pula, meski Edo dan Marta ke Gereja, malamnya mereka telah melaksanakan tugas dengan meyiapkan bahan hiasan.

Baca Juga: Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Teks 'Gending Sriwijaya', Buku Tematik Kelas 4 Tema 1

Pada paragraf ketiga masih sama seperti pada paragraf kedua. Di sini dinyatakan bahwa perbedaan agama bukanlah masalah.

Ketika waktunya salat Zuhur, Udin, Siti, dan teman-teman muslim lain melakukan salat terlebih dulu. Nah, yang tidak salat Zuhur tetap bekerja dan berada di kelas.

Dengan perencanaan yang matang dan toleransi pada perbedaan, mereka dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik dan menyenangkan.

 

Pertanyaan
Menurut kalian, apa yang terjadi jika pekerjaan bersama tidak didahului dengan perencanaan?
Petunjuk: Cek halaman 2-3.