Menulis Laporan Percobaan Mencari Sumber Bunyi, Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3

By Irfan Sholeh, Kamis, 29 Juli 2021 | 07:40 WIB
Kita bisa menggunakan bola plastik atau benda-benda di sekitar untuk melakukan percobaan mencari sumber bunyi. (pixabay)

adjar.id - Adjarian, kali ini kita kembali melakukan percobaan mencari sumber bunyi.

Namun, percobaan mencari sumber bunyi pada buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 3 kali ini lebih menantang.

Jika percobaan pada pembelajaran kedua hanya terdiri dari dua orang, kali ini kita akan memainkan perboaan dengan anggota lebih dari dua orang.

Semakin banyak semakin menantang dan semakin seru!

Baca Juga: Membuat Pertanyaan dari Teks 'Suku Minang', Materi Buku Tematik Kelas 4 Tema 1

O iya, jangan lupa untuk menulis laporan percobaan mencari sumber bunyi ini, ya!

Nah, kali ini kita akan membaca percobaan yang dilakukan oleh Farah dan teman-temannya, yaitu Farel, Fajrul, dan Fafa.

Yuk, kita simak percobaan mereka!

 

"Semakin banyak anggota yang ikut dalam percobaan mencari sumber bunyi, semakin menantang dan seru permainannya!"

 

Melakukan Percobaan Mencari Sumber Bunyi

Nah, agar Adjarian makin mudah memahami bagaimana percobaaan ini dilakukan dan hasil percobaan ditulis, kita baca, yuk, upaya percobaan mencari sumber bunyi yang dilakukan Farah dan kawan-kawannya!

Hai teman-teman! Namaku Farah. Hari ini aku akan melakukan percobaan mencari sumber bunyi bersama Farel, Fajrul, dan Fafa.

Pada percobaan ini, kami akan mencari di manakah sumber bunyi itu berada. Jadi masing-masing dari kami akan membawa suatu benda, lalu bersembunyi, lalu membunyikannya secara acak.

Baca Juga: Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung pada Teks 'Tari Saman', Buku Tematik Kelas 4 Tema 1

Aku menggunakan sendok logam, Farel menggunakan bola tenis, Fajrul menggunakan bola plastik, dan Fafa menggunakan pianika.

Pada percobaan ini, aku sempat salah saat menebak bola tenis. Padahal yang berbunyi sebenarnya adalah bola plastik. Sulit sekali membedakan bunyi bola tenis dan bola plastik! 

Namun, pada bunyi lain akulah yang pertama menebak.

Aku mendahuli teman-temanku saat menebak bola tenis dan pianika karena aku berkosentrasi.

 

"Kita dapat menggunakan benda-benda di sekitar kita untuk melakukan percobaan mencari sumber bunyi."

 

Menulis Hasil Percobaan Mencari Sumber Bunyi

Nah, kita sudah membaca pengalaman dari Farah. Kali ini kita akan menyimak hasil laporan Farah agar bisa juga menulis hasil percobaan mencari sumber bunyi ini. Yuk!

Nama Percobaan: Mencari sumber bunyi

Tujuan Percobaan: Dapat menebak benda yang dibunyikan

Alat dan bahan: Sendok logam, bola tenis, bola plastik, dan pianika.

Baca Juga: Cara Menggunakan Busur, Materi Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

Langkah kerja:

1. Masing-masing anggota membawa satu benda 

2. Masing-masing anggota bersembunyi sehingga tidak dapat melihat satu sama lain

3. Secara acak, anggota membunyikan benda yang dipegangnya

4. Anggota yang tidak membunyikan, menebak benda manakah yang dibunyikan

Hasil percobaan: Saya sulit menebak perbedaan antara bunyi bola plastik dan bunyi bola tenis. Namun, pada bunyi bola plastik dan pianika, saya menjadi orang pertama yang berhasil menebak.

Kesimpulan: Sulit untuk membedakan dua bunyi yang hampir mirip. Untuk dapat menebak, kita memerlukan kosentrasi.

 

Pertanyaan
Tulislah hasil percobaanmu sendiri!
Petunjuk: Cek halaman 2 dan 3.