adjar.id - Adjarian, pada buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 kita akan melakukan sebuah pecobaan.
Tajuk dalam percobaan di buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 adalah "Di Manakah Bunyi".
Pada halaman 80 kita melihat contoh percobaan "Di Manakah Bunyi".
Baca Juga: Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung pada Teks 'Tari Saman', Buku Tematik Kelas 4 Tema 1
Di situ ada dua anak. Anak lelaki duduk di kursi dan matanya tertutup kain, sedangkan anak perempuan berada di belakangnya sedang membunyikan angklung.
Apakah si anak lelaki bisa menebak di manakah sumber bunyi angklung itu?
Nah, sekarang, mari kita mencoba melakukan percobaan dan menulis laporan percobaan "Di Manakah Bunyi".
Kalau Adjarian tidak meiliki alat musik, kita bisa menggunakan benda-benda yang ada di rumah, kok.
"Kita bisa menggunakan benda-benda yang ada di rumah kita untuk melakukan percobaan "Di Manakah Bunyi"."
Melakukan Pecobaan "Di Manakah Bunyi"
Nah, tadi sudah disebutkan bahwa kita bisa menggunakan alat-alat yang ada di rumah kita untuk melakukan percobaan ini.
Adjarian bisa minta tolong kepada ayah, ibu, atau saudara saat melakukan percobaan ini.
Apa benda-benda yang ada di rumah Adjarian? Ada piring dan sendok? Nah, kita bisa menggunakan piring dan sendok.
Baca Juga: Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Teks 'Gending Sriwijaya', Buku Tematik Kelas 4 Tema 1
Atau, sebenarnya kita juga bisa menggunakan tangan atau suara kita!
Sekarang, kita simak bagaimana cara menulis laporan percobaan "Di Manakah Bunyi", yuk!
Menulis Laporan Percobaan "Di Manakah Bunyi"
Untuk menulis laporan percobaan ini, kita beruntung sebab sudah dimudahkan dengan disediakan tabel pada buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 ini.
Kita tinggal mengisinya saja.
"Untuk melakukan percobaan ini, kita bisa menggunakan piring, sendok, tangan, atau suara kita sendiri."
Di bawah ini adalah contoh laporan percobaan "Di Manakah Sumber Bunyi"
Nama Percobaan: Di Manakah Bunyi
Tujuan Percobaan: Menemukan di manakah sumber bunyi berada
Alat dan bahan: Piring kaca dan sendok
Langkah kerja:
1. Seseorang duduk di tengah ruangan dengan mata tertutup.
2. Orang lain akan mencari posisi tertentu lalu memukul piring kaca dengan sendok.
3. Setelah itu, orang yang duduk di tengah ruangan menebak dari arah manakah sumber bunyi itu berasal, apakah dari sisi utara, selatan, timur, atau barat.
Hasil percobaan: Orang yang duduk di tengah ruangan pada percobaan pertama langsung dapat menebak di manakah sumber bunyi itu berada.
Baca Juga: Menulis Cerita Mengalami Gangguan Indra Pendengaran, Kelas 4 Tema 1
Pada percobaan kedua, ketika pemukul berada di posisi yang lebih jauh, orang yang duduk perlu empat kesempatan untuk menebak di manakah sumber bunyi berasal.
Kesimpulan: Pada jarak dekat, suara dapat diterima dengan baik sehingga mudah ditebak asalnya.
Pada jarak yang lebih jauh, meski kekuatan pemukulan sendok ke piring sama, suara bunyi yang sampai ke orang yang duduk tidak sekeras ketika pemukul berada di jarak dekat.
Pertanyaan |
Buatlah percobaanmu sendiri dan tulislah hasil percobaa itu! |
Petunjuk: Cek halaman 2-3. |