Menentukan Gagasan pada Teks 'Bekerja sama dalam Keberagaman', Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 2

By Irfan Sholeh, Selasa, 27 Juli 2021 | 14:20 WIB
Kerja sama akan berjalan lancar jika kita menerapkan keberagaman di dalamnya. (pixabay)

adjar.id - Adjarian, di dalam buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1, kita diperlihatkan teks Bekerja Sama dalam Keberagaman.

Saat membaca judul teks tersebut, kita bisa menebak bahwa di dalam teks ini akan diperlihatkan perilaku yang menerapkan sila ketiga dari Pancasila. 

Nah, dengan sila ketiga yang berbunyi 'Persatuan Indonesia', kita diharapkan dapat bekerja sama dengan masyarakat yang lain walaupun dengan latar belakang yang berbeda, ya, Adjarian!

Baca Juga: Menentukan Ide Pokok pada Teks 'Tari Kipas Pakarena', Kelas 4 Tema 1

O iya, hal yang dimaksud dengan latar belakang adalah suku, agama, atau kelas ekonomi yang seharusnya tidak menjadi hal pembeda antara kita dengan masyarakat lainnya. 

Hal ini bukanlah halangan untuk kita bekerja sama dengan masyarakat lain.

Nah, sekarang, yuk, kita cari tahu gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks Bekerja sama dalam Keberagaman di bawah ini!

 

"Perbedaan bukanlah halangan bila kita hendak melakukan kerja sama."

 

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung teks Bekerja Sama dalam Keberagaman

Ilustrasi Teks Bekerja Sama dalam Keberagaman pada Buku Tematik. (Tangkapan layar Buku Tematik Kelas 4 Tema 1)

Pada teks paragraf pertama, gagasan pokoknya terlihat dari kerja kelompok yang hendak dilaksanakan oleh Edo dan teman-temannya. 

Gagasan pendukung terlihat pada paragraf pembagian tugas. 

Contohnya pada teks, membawa benang, dan ada juga yang membawa kaleng. 

Selain itu, mereka berkumpul tepat waktu di rumah Edo.

Baca Juga: Contoh Sikap Menghargai Keberagaman dan Sikap Tidak Menghargai Keberagaman

Kita bisa melihat, Edo dan teman-temannya sudah membuat perencanaan yang sangat baik sehingga peralatannya lengkap, dan mereka berkumpul tepat waktu. 

Paragraf kedua dapat terlihat bahwa adanya persatuan. 

Terlihat dengan adanya keberagaman dalam enam sekawan ini, terutama dengan adanya perbedaan agama.

 

"Sebelum melakukan kerja kelompok, hendaknya dibuat suatu perencanaan agar kerja kelompok berjalan lancar."

 

Di dalam paragraf kedua, kita dapat melihat Siti dan Udin yang beragama Islam, Edo beragama katolik, Beni beragama Kristen, Dayu beragama Hindu, dan Lani yang memeluk agama Buddha.

Nah, ketika percobaan bunyi hendak dilaksanakan, percobaan tersebut bersamaan dengan waktu adzan yang berkumandang.

Oleh karena itu, Siti dan Udin izin untuk melakukan ibadah salat terlebih dahulu.

Teman-teman yang lainnya mengizinkan untuk melakukan ibadah dahulu, mengingat salat merupakan kewajiban umat muslim. 

Mereka terlihat saling menghargai dan menghormati keyanikan masing-masing. 

Baca Juga: Persatuan dan Kesatuan dalam Teks Siap Menghadapi Musim Hujan

Pada paragraf ketiga, kita dapat melihat enam sekawan juga memiliki solidaritas yang tinggi.

Walaupun, berasal dari latar belakang yang beragam, enam sekawan ini saling membantu.

Semua anak bekerja sesuai tugasnya masing-masing dan selalu menolong teman yang sedang kesusahan.

 

"Kerja kelompok yang baik dapat terlihat ketika semua anggota mendapat porsi yang adil."

 

Nah Adjarian, itulah gagasan pokok dan gagasan pendukung yang ada pada teks Bekerja sama dalam Keberagaman, ya!

Sekarang, yuk, coba jawab soal di bawah ini!

 

Pertanyaan
Apakah gagasan pokok dan gagasan pendukung yang terdapat di dalam paragraf ketiga?
Petunjuk: Cek halaman 2-3.