Menentukan Ide Pokok Teks 'Tumbuhan Sumber Kehidupan', Kelas VI Tema 1

By Irfan Sholeh, Kamis, 15 Juli 2021 | 21:15 WIB
Teh banyak dibudidayakan di dataran tinggi. (pixabay)

adjar.id - Adjarian, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa.

Tanah di kepulauan Indonesia relatif subur, entah itu yang berada di dataran rendah ataupun yang berada di dataran tinggi.

Kita juga membaca kekayaan tersebut pada teks Tumbuhan Sumber Kehidupan di buku tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 edisi revisi 2018.

Baca Juga: Menentukan Ide Pokok pada Teks 'Organ Gerak Manusia dan Hewan'

Kali ini kita akan mencoba mencari ide pokok dari paragraf-paragraf yang terdapat pada teks tersebut.

Selain itu, kita akan mencatat informasi penting serta mengembangkannya agar teks Tumbuhan Sumber Kehidupan ini semakin lengkap.

 

"Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah."

 

Ide Pokok Teks Tumbuhan Sumber Kehidupan

Teks Tumbuhan Sumber Kehidupan (Tangkapan layar Buku Tematik Kelas 6 Tema 1)

Ada dua baris pada paragraf pertama. Dua baris ini sepertinya adalah dua kalimat berbeda.

Hanya saja, barangkali penulisnya lupa memberi titik setelah kata "khatulistiwa".

Mana yang merupakan kalimat utama pada paragraf pertama ini? Kedua kalimat ini tidak terbaca sebagai kalimat yang dijelaskan dan yang menjelaskan.

Baca Juga: Cara Mengembangkan Ide Pokok Menjadi Paragraf Mengenai Organ Gerak, Materi dalam Buku Tematik Kelas V Tema 1

Namun, kedua kalimat ini berasal dari ide pokok yang sama, yakni kondisi geografis Indonesia yang merupakan "negara kepulauan" dan "memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan."

 

"Paragraf pertama menjelaskan kondisi geografis Indonesia."

 

Pada pargraf kedua ide pokoknya adalah kondisi dataran rendah di Indonesia.

Di Indonesia dataran yang memiliki ketinggia antara 0-200 meter di atas permukaan laut ditanami padi, palawija, dan tebu serta pada banyak provinsi dipilih sebagai ibu kota provinsi.

Paragraf tiga menjelaskan wilayah pantai di Indonesia dan tanaman-tanaman yang ditanam di pantai.

Pada paragraf keempat ide pokoknya berupa tanaman yang ditanam di dataran tinggi.

 

Baca Juga: Menentukan Ide Pokok pada Teks 'Gerak Ikan dalam Air', Buku Tematik Kelas V Tema 1 Subtema 1

Paragraf terakhir berupa kalimat pernyataan yang meminta kita mencari contoh lain tumbuhan yang ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi.

Untuk mengembangkan teks ini, selain menambah daftar tanaman, Adjarian bisa menjelaskan manfaat-manfaat tumbuhan tersebut bagi kehidupan.

Menjelaskan manfaat sangat penting dilakukan karena teks ini berjudul Tumbuhan Sumber Kehidupan, tetapi belum dijelaskan bagaimana manusia atau hewan memanfaatkannya.

Untuk mengasah pemahaman, coba kita jawab pertanyaan berikut, yuk!

 

Pertanyaan
Berdasarkan letak kalimat utama, sebutkan jenis-jenis yang menyusun paragraf ini!
Petunjuk: Cek halaman 2-4.