Mengenal Macam-macam Mikroskop, Jenis Mikroskop Cahaya dan Elektron

By David Togatorop, Jumat, 11 Juni 2021 | 10:10 WIB
Mikroskop membantu kita mengamati benda yang amat kecil. (Pixabay)

adjar.id - Apabila Adjarian mendapatkan pelajaran biologi di sekolah, tentu akrab dengan ruangan laboratorium dan penggunaan mikroskop.

Kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang mikroskop.

Mikroskop yang kita kenal sekarang terdiri dari dua macam bila dikategorikan menurut sumber pembentukan bayangan yang digunakan, yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.

1. Mikroskop cahaya

Nah, mikroskop yang biasa Adjarian gunakan di sekolah umumnya adalah mikroskop cahaya.

Mikroskop cahaya ini menggunakan cahaya untuk membentuk bayangan yang dilihat.

Untuk sumber cahaya mikroskop cahaya diperoleh dari cahaya matahari maupun cahaya lampu listrik yang ada di dalam ruangan.

Baca Juga: Penerapan Alat-Alat Optik dalam Kehidupan Sehari-Hari ManusiaAdjarian harus tahu bahwa kekuatan pembesaran mikroskop cahaya adalah perkalian kekuatan lensa-lensa penyusunnya, yaitu lensa objektif dan lensa okuler.Dalam penggunaannya, mikroskop cahaya digunakan untuk mengamati objek segar (preparat basa) atau preparat awetan.Berdasarkan jenis lensanya, mikroskop cahaya dibedakan menjadi dua, yaitu mikroskop monokuler dan mikroskop binokuler.Disebut mikroskop monokuler karena memiliki satu lensa okuler.

Sementara itu mikroskop binokuler memiliki dua lensa okuler untuk dilihat menggunakan mata kanan dan kiri secara bersamaan.

 

"Mikroskop terdiri dari dua macam bila dikategorikan menurut sumber pembentukan bayangan: mikroskop cahaya dan mikroskop elektron."