adjar.id – Apakah Adjarian sudah tahu apa saja jenis-jenis penawaran, fungsi penawaran, dan faktor yang memengaruhi penawaran?
Yap, di dalam suatu sistem jual beli selain terdapat permintaan, juga ada penawaran.
Adjarian pernah melihat panen padi dan saat panen harga padi menjadi menurun?
Ini adalah fenomena yang bisa dipahami melalui perilaku antara konsumen dan produsen, yaitu tentang penawaran.
Permintaan adalah kegiatan ekonomi yang dilihat dari sudut pandang konsumen, nah, penawaran dari sudut pandang produsen atau penjual.
Baca Juga: Mengenal Sistem Pembayaran dalam Kegiatan Perekonomian Indonesia
Di dalam ilmu ekonomi penawaran diartikan sebagai kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dan keadaan tertentu.
Waktu tertentu dapat diartikan untuk menunjukkan periode atau kondisi tertentu menunjukkan keadaan ceteris paribus.
Nah, jadi, apa saja jenis-jenis penawaran, fungsi penawaran, dan faktor yang memengaruhi penawaran?
Yuk, kita cari tahu!
“Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dan keadaan tertentu.”
Jenis-Jenis Penawaran
Penawaran dapat dibedakan berdasarkan jumlah penjualnya, yaitu:
- Penawaran Individu
Penawaran yang datang dari produsen atau penjual yang bersifat perseorangan.
- Penawaran Pasar
Penawaran pasar merupakan gabungan dari penjual-penjual individu yang ada di dalam suatu pasar.
Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Pasar Modal pada Sistem Ekonomi
Fungsi Penawaran
Fungsi dari penawaran sebuah produk adalah pernyataan hubungan antara kuantitas yang ditawarkan dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
Penawaran ditempatkan sebagai fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu harga barang itu sendiri, harga barang saingan, tingkat teknologi dan faktor produksi.
Pada masalah penawaran analisisnya menggunakan asumsi ceteris paribus atau faktor-faktor lain dianggap tidak berubah.
Jadi, harga barang itu sendiri adalah faktor dominan dalam penawaran, sementara faktor-faktor lain dianggap tetap.
“Fungsi dari penawaran sebuah produk adalah penyataan hubungan antara kuantitas yang ditawarkan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.”
Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Selama keadaan ceteris paribus berlaku, perubahan harga barang hanya berpengaruh terhadap jumlah produk yang ditawarkan.
Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan keadaan menjadi tidak ceteris paribus dan memengaruhi penawaran suatu produk.
a. Harga Barang Lain
Jumlah barang yang ditawarkan dapat bertambah karena menurunnya harga barang yang lain.
Contohnya, sebuah perusahaan memproduksi jaket dan celana panjang.
Kalau harga jaket cenderung turun maka perusahaan akan mengurangi produksi jaket, dan menambah produksi celana panjang yang harganya relatif tetap.
Baca Juga: Mengenal Aktivitas Ekonomi serta Jenis-jenisnya di Indonesia
b. Biaya Produksi
Biaya produksi menentukan langsung berapa harga jual dari suatu barang.
Bila biaya produksi naik, maka harga barang tersebut juga ikut naik dan produsen aka mengurangi jumlah produksinya.
Akibat dari hal ini adalah berkurangnya jumlah penawaran.
“Harga sumber daya dapat mempengaruhi biaya produksi dan harga suatau barang.”
c. Harga Sumber Daya
Harga sumber daya yang digunakan dalam proses produksi akan berpengaruh kepada biaya produksi suatu barang.
Jika harga sumber daya turun, maka dengan sendirinya biaya produksi akan menurun.
Turunnya biaya produksi dapat membuat produsen akan menjual lebih banyak, atau dengan kata lain penawaran meningkat.
Baca Juga: Mengenal Pasar Monopolistik: Ciri-Ciri dan Contohnya dalam Ekonomi
d. Tingkat Teknologi yang Digunakan
Kemajuan di bidang teknologi akan membawa beberapa perubahan kualitas maupun kuantitas suatu barang.
Penggunaan teknologi yang lebih efisien akan mampu menurunkan biaya produksi yang akan menambah jumlah barang yang bisa diproduksi.
Bertambahnya jumlah barang tersebut akan mempengaruhi penawaran yang dapat bertambah.
Setelah Adjarian memahami tentang konsep penawaran, yuk, jawab pertanyaan berikut!
Pertanyaan |
Penawaran yang dilakukan oleh beberapa individu yang bergabung dalam suatu pasar disebut? |
Petunjuk: Cek halaman 2. |