adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal uji pemahaman yang terdapat di akhir bab 6 buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kurikulum Merdeka kelas VI, halaman 160.
Kita ditugaskan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang dibedakan dalam dua kategori, yaitu kategori A dan B.
Untuk memudahkan mengerjakan soal ini kita bisa mengulang pemahaman materi yang ada di bab 6, Adjarian.
Bab 6 membahas tentang energi yang ada di bumi dan hal-hal yang terkait dengan energi.
Nah, langsung saja kita simak bersama pembahasan soal tersebut berikut ini, yuk!
Instruksi: Perhatikan gambar berikut dan jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Sebutkan peralatan elektronik pada gambar tersebut!
Jawab: Lampu baca atau lampu tidur.
2. Apa sumber energi yang dibutuhkan untuk membuat alat tersebut berfungsi?
Jawab: Energi listrik.
3. Menurut pendapat kalian apakah sumber energi tersebut akan habis? Mengapa?
Jawab: Tidak, sumber energi listrik yang digunakan untuk membuat lampu tetap menyala tidak akan habis karena bisa dihasilkan dari sumber energi terbarukan.
4. Adakah pengganti sumber energi untuk alat tersebut?
Jawab: Ada, yaitu sumber energi terbarukan, seperti air, sinar matahari, dan panas bumi.
1. Identifikasi potensi dari sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan di kedua daerah tersebut!
Jawab: Gambar a, yaitu pantai, memiliki potensi sumber energi gelombang laut yang dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.
Gambar b, yaitu peternakan sapi, memiliki potensi sumber energi biogas yang didapat dari kotoran hewan dan dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gas elpiji dan energi listrik.
2. Apa saja faktor yang mendukung pemanfaatan sumber energi tersebut?
Jawab: Cuaca, kondisi alam, sumber daya manusia, dan alat yang digunakan.
3. Menurut kalian apa kendala yang akan dihadapi jika memanfaatkan sumber energi tersebut?
Jawab: Kendala yang akan dihadapi adalah adanya ketidakstabilan.
Karena pemanfaatan sumber energi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sulit dikendalikan oleh manusia, seperti kondisi alam.
Baca Juga: 4 Bentuk Energi, Materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas VI Kurikulum Merdeka
4. Bagaimana cara menjaga sumber energi yang ada di daerah tersebut agar tetap terjaga.
Jawab: Untuk menjaganya, kita perlu melestarikan lingkungan dengan tidak melakukan hal-hal yang merusak alam.
Misalnya, menjaga habitat hewan di alam, tidak merusak laut, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
Nah, itulah pembahasan soal uji pemahaman bab 6 untuk referensi.
---
Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD/MI Kelas VI Karya Amalia Fitri, dkk., Kemdikbud.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR