adjar.id – Adjarian, kali ini kita akan membahas soal uji kompetensi PPKn materi fungsi dan kedudukan Pancasila.
Soal tersebut ada di dalam buku PPKn Kurikulum Merdeka kelas VIII, halaman 20.
Pancasila memiliki beberapa fungsi dan kedudukan di Indonesia.
Adapun fungsi dan kedudukan Pancasila di antaranya adalah sebagai dasar negara, sebagai pandangan hidup bangsa, sebagai sumber dari segala sumber hukum, kepribadian bangsa, dan sebagai cita-cita dan tujuan bangsa.
Setiap perilaku yang kita jalankan harus sesuai dengan setiap sila-sila Pancasila.
Nah, pada soal kali ini, kita dihadapkan dengan peristiwa-peristiwa nyata yang berkaitan dengan fungsi dan kedudukan Pancasila.
Tugas kita adalah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pikiran kritis.
Berikut pembahasan soal tersebut yang dapat dijadikan sebagai referensi.
Uji Kompetensi
Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.
1. Rita sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk Rita. Semua pengurus kelas setuju.
Baca Juga: Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa, Materi PPKn Kelas VIII
Sepulang sekolah, mereka menuju rumah Rita untuk menjenguk. Mereka membawa jeruk dua kilogram sebagai buah tangan.
Sesampainya di rumah Rita, semua masuk ke ruang tamu rumah Rita. Hanya, Sella yang tidak masuk. Ia memilih menunggu di teras.
Rupanya, Sella merasa minder untuk masuk rumah Rita yang megah. Rita pernah meledek Sella sebagai anak miskin.
Jika kamu sebagai ketua kelas, bagaimana cara kamu mengajak Sella agar mau masuk ke ruang tamu rumah Rita? Jelaskan nilai-nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut!
Jawaban: Jika saya menjadi ketua kelas, saya akan membujuk Sella untuk tetap masuk karena mengingat adab sebagai tamu.
Saya juga akan mengingatkan Sella bahwa semua orang pasti membuat kesalahan. Meski begitu, kita harus tetap bersikap baik dan lapang dada kepadanya.
Selain itu, saya akan berbicara kepada Rita agar ia mau meminta maaf kepada Sella.
Nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut adalah sila ke-5.
2. Rudi sedang menyapu halaman sekolah. Lalu, secara tidak sengaja Andi yang tengah berlari menabrak Rudi yang sedang mengambil sampah.
Akibatnya, Rudi terjatuh dan sampahnya berserakan. Menyadari kesalahannya, Andi segera meminta maaf.
Namun, Rudi tidak begitu saja mau memaafkan Andi. Rudi mencaci Andi untuk melampiaskan kekesalannya. Rudi menilai Andi berlari dengan ceroboh.
Baca Juga: Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum, Materi PPKn Kelas VIII
Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mendamaikan antara Rudi dan Andi?
Jelaskan pula sila ke berapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!
Jawaban: Saya akan menjelaskan kepada Rudi bahwa semua orang pasti melakukan kesalahan.
Sebagai orang yang baik, kita harus bisa bijak mengendalikan amarah dan mudah memaafkan.
Saya juga akan mengingatkan Rudi untuk tidak ceroboh dan memerhatikan sekitar.
Adapun sila yang berkaitan dengan peristiwa itu adalah sila ke-4, sebab kita harus menerapkan sikap bijaksana dan musyawarah.
3. OSIS mengadakan kegiatan class meeting selepas Penilaian Akhir Semester (PAS).
Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada hari pelaksanaan, penanggung jawab empat cabang olahraga telah siap.
Namun, ada satu penanggung jawab cabang olahraga yang tidak hadir. Akibatnya, cabang olahraga tersebut tertunda pelaksanaannya.
Ketua OSIS menyalahkan kepada ketua panitia karena dinilai tidak mengawal timnya dengan baik.
Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mencari solusi terbaik?
Baca Juga: Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Materi PPKn Kelas VIII
Jelaskan sila ke berapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!
Jawaban: Jika diminta menyelesaikan masalah, saya akan menginformasikan kepada ketua OSIS tentang alasan ketidakhadiran penanggung jawab olahraga.
Jika disebabkan karena hal darurat, maka sebaiknya ketua OSIS dapat memakluminya, jika tidak darurat, sebaiknya diberikan peringatan kepada yang bersangkutan.
Sila yang berkaitan dengan peristiwa tersebut adalah sila ke-4.
Nah, demikianlah pembahasan soal uji kompetensi fungsi dan kedudukan Pancasila.
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR