Jenis-Jenis Digital Marketing di Perusahaan

By Nabil Adlani, Selasa, 10 Oktober 2023 | 16:30 WIB
Sarana untuk mempromosikan atau memberikan informasi produk bisa dilakukan melalui digital marketing. (pexels/Diggity Marketing)

adjar.id - Perkembangan teknologi dapat menghasilkan sarana yang semakin lama semakin canggih.

Hal ini dapat digunakan sebagai media dalam pengembangan usaha bisnis melalui digital marketing.

Terlebih penggunaan internet di Indonesia menjadikan pasar suatu produk semakin baik bagi pelaku industri.

Nah, digital marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan berbagai platform dan kanal digital.

Tujuannya untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada target audiens.

Ini melibatkan penggunaan teknologi dan media digital untuk mencapai tujuan pemasaran.

Seperti meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan penjualan, atau membangun hubungan dengan pelanggan.

Nah, berikut jenis-jenis digital marketing.

Jenis Digital Marketing

Jenis-jenis digital marketing yang dipilih oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan memasarkan produk, antara lain:

1. Website

Website bisa membantu sebuah perusahaan untuk mengomunikasikan tujuan dan latar belakang dari usaha sampai produk yang dijajakan.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Marketing dalam Bahasa Inggris

Selain itu, profesionalisme manajemen perusahaan bisa diperlihatkan untuk tampilan website.

Hal ini karena bisa membantu konsumen dan masyarakat dalam memahami bisnis suatu perusahaan.

Selain itu, juga dapat membantu media promosi yang efektif dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

2. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya perusahaan dalam melakukan Search Engine Marketing atau SEM.

Hal ini dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan dengan biaya lebih murah dan waktu yang lebih lama.

Jadi, SEO adalah berbagai cara yang dilakukan secara mandiri agar website lebih mudah ditemukan melalui search engine, salah satunya Google.

3. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau SEM adalah upaya perusahaan untuk membuat website perusahaan agar mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari.

Hal ini dilakukan dengan cara melakukan kolaborasi dengan pihak lain, yaitu dengan berbayar dan dalam waktu yang cepat.

4. Social Media Marketing

Baca Juga: Profesi Marketing Manager: Tugas, Keahlian, dan Pendidikan

Banyaknya pengguna media sosial membuat peluang bisnis semakin lama semakin bertambah untuk mengembangkan pasarnya melalui media sosial.

Ada berbagai platform media sosial yang bisa digunakan sebagai sarana penjualan.

Kelebihan dari social media marketing, yaitu biayanya minim dan mendorong hubungan komunikasi dengan calon konsumen yang lebih dekat.

5. Email Marketing

Perusahaan bisa menyebarkan informasi terbagi ke masyarakat dengan promosi produk barang dan jasa.

Hal ini biasanya berkaitan dengan penurunan harga, penambahan fasilitas, dan berbagai informasi melalui email marketing.

Sehingga, konsumen bisa mengetahui informasi terbaru mengenai produk dari perusahaan.

6. Video Marketing

Video marketing adalah suatu upaya perusahaan dalam memperkenalkan brand, meningkatkan penjualan, dan menjalin hubungan.

Kesemuanya dilakukan dengan cara menggabungkan testimoni para pengguna produk perusahaan dengan cara teknik video.

7. Online Advertising

Baca Juga: Cara Memindahkan Chat dan File-File di Whatsapp ke Smartphone Lain

Online advertising adalah cara yang diterapkan perusahaan sebagai teknik promosi dengan internet yang berbayar.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyebarluaskan informasi dan meraih konsumen yang lebih cepat.

Akan tetapi, kelemahan dari jenis ini bisa mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Nah, itu tadi jenis-jenis digital marketing di perusahaan untuk mempromosikan produk.

Coba Jawab!
Apa yang dimaksud dengan digital marketing?
Petunjuk: Cek halaman 1.