Jawab Soal Bahasa Inggris Kelas XII Chapter 5, Text Structure Task 2 No. 6-10

By Aldita Prafitasari, Rabu, 8 Februari 2023 | 10:30 WIB
Terdapat soal Bahasa Inggris kelas XII (SMA) edisi revisi 2018 Chapter 5 halaman 73, text structure Task 2, materi 'Who was Involved?'. (Unsplash)

adjar.id – Kali ini kita akan membahas soal pada buku Bahasa Inggris kelas XII (SMA) edisi revisi 2018 Chapter 5 halaman 73, yakni Text Structure Task 2, materi "Who was Involved?".

Kita diminta untuk mengunduh teks item berita sebagai acuan menjawab soal.

Teks berita atau news item text tersebut menceritakan mengenai upaya seseorang untuk menciptakan aplikasi antiperundungan.

Nah, kali ini kita akan membahas soal nomor 6 sampai 10, Adjarian.

Pembahasan soal berikut nantinya dapat dijadikan sebagai referensi.

Yuk, kita simak bersama!

Task 2: Download a news item text.

Follow these steps to download a news item text from the given site. Then, answer the given questions below based on the text and discuss the answers with your class.

6. How does Rethink work? What prompt appears as a warning?

Answer: The app will scan messages or uploaded content that is offensive.

For example, the app will show options to pause, review activity, and comments that may offend other accounts.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Kelas XII Chapter 5, Reading Task 5 No. 6-10

The app also creates alerts on e-mail and other social media.

7. Did Trisha conduct trials to prove how the software works? What did the results show?

Answer: Yes, she did.

In fact, she saw the results, many children changed their minds when they were about to send messages that could hurt other accounts.

8. What has inspired Trisha to develop the software?

Answer: Trisha was inspired by the issue in 2013 after learning about an 11-year-old girl from Florida that repeatedly bullied online.

9. How does the "stop, block, and tell" method work?

Answer: The method is that if teens receive an offensive message, they stop what they are doing, block the bully and tell an adult.

10. What did Trisha think about technology and responsibility among teens?

Answer: She thinks that as the technological revolution continues to unfold, the more kids get online and the scourge of cyberbullying continues to grow.

Ranging from verbal to being bullied in real life.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Kelas XII Chapter 5, Reading Task 1

Because of this, victims who experience bullying often experience depression, anxiety, ....

It is shown in the text, as follows:

"It’s an electronic and insidious form of verbal abuse and just like real-life bullying; victims experience depression, anxiety, low self-esteem, increased drop-out rates, ...."

"We are in the midst of the social media revolution. Kids as young as age seven or eight are getting on social media. Technology and the internet give kids great power."

"But with that power comes great responsibility that the kids are not ready for yet," she said.

Terjemahan

6. Bagaimana cara kerja ReThink? Prompt apa yang muncul sebagai peringatan?

Jawaban: Aplikasi ini akan memindai pesan atau unggahan konten yang menyinggung. 

Contohnya, aplikasi itu akan menampilkan pilihan menjeda, meninjau aktivitas, dan komentar yang dapat menyinggung akun lain. 

Aplikasi ini juga membuat peringatan pada email dan media sosial lainnya.

7. Apakah Trisha melakukan uji coba untuk membuktikan cara kerja perangkat lunak? Apa yang ditunjukkan hasilnya?

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Kelas XII Chapter 5, Think About It

Jawaban: Ya, Trisha melakukan uji coba pada perangkatnya. 

Bahkan ia melihat hasilnya, banyak anak-anak yang merubah pikirannya ketika ia akan mengirim pesan yang dapat menyakiti akun lain.

8. Apa yang menginspirasi Trisha untuk mengembangkan perangkat lunak ini?

Jawaban: Trisha terinspirasi oleh isu pada tahun 2013 silam.

Ia melihat bahwa ada kasus mengenai gadis berumur 11 tahun asal Florida, Amerika Serikat, yang dirundung secara online. 

9. Bagaimana metode, "stop, block, and tell" bekerja? 

Jawaban: Metode ini dapat digunakan untuk semua remaja yang menerima pesan yang menyinggung perasaan mereka, menghentikan semua omongan yang menyakitkan, dan juga memberi tahu pihak yang berwajib atas aksi cyberbullying tersebut.

10. Apa pendapat Trisha mengenai teknologi dan tanggung jawab di kalangan remaja?

Jawaban: Menurut Trisha, perkembangan teknologi yang terus meningkat membuat banyak remaja yang mengalami cyberbullying. 

Mulai dari verbal hingga di intimidasi di kehidupan nyata.

Oleh karena itu, para korban yang mengalami perundungan sering kali mengalami depresi, kecemasan....

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Kelas XII Chapter 5, Terjemahan Transkrip News Item Task 1

Hal itu ditunjukkan dalam teks, sebagai berikut:

"Ini adalah bentuk pelecehan verbal elektronik dan berbahaya dan seperti intimidasi di kehidupan nyata; korban mengalami depresi, kecemasan, rendah diri, peningkatan angka putus sekolah, ...."

“Kita berada di tengah-tengah revolusi media sosial. Anak-anak semuda usia tujuh atau delapan tahun menggunakan media sosial. Teknologi dan internet memberi anak-anak kekuatan besar."

"Tetapi dengan kekuatan itu muncul tanggung jawab besar yang belum siap untuk anak-anak," katanya.

Nah, itulah pembahasan soal bahasa Inggris dalam materi "Who was Involved?".