Jawab Soal Teks Artikel Ilmiah Populer 'Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi', Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas VIII

By Jestica Anna, Kamis, 3 November 2022 | 10:00 WIB
Pada buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII halaman 86, terdapat soal-soal yang membahas tentang teks artikel ilmiah populer. (Unsplash)

adjar.id - Materi teks artikel ilmiah populer adalah salah satu yang dipelahari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP.

Nah, kali ini kita akan mengerjakan soal-soal seputar artikel ilmiah populer, Adjarian.

Soal-soal tersebut dapat ditemukan di dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII, halaman 86.

Artikel ilmiah populer adalah sebuah karya tulis berisi fakta dan ilmu pengetahuan yang ditulis menggunakan bahasa populer.

Adapun judul teks artikel ilmiah populer yang akan dibahas kali ini adalah "Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi".

Selaras dengan judulnya, teks tersebut menyampaikan informasi tentang bagaimana layanan sekolah inklusi terhadap peserta didik difabel.

Melalui teks tersebut, kita mendapatkan informasi tentang apa itu difabel dan bagaimana seharusnya mereka diperlakukan di sekolah inklusi.

Lalu, seperti apa soal-soalnya?

Langsung saja kita simak referensi pembahasannya berikut ini, yuk!

Membaca: Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi

Berbekal bacaan tersebut, bersama teman sebangku kalian, diskusikanlah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut.

Baca Juga: Apa Saja Ciri-Ciri Teks Artikel Ilmiah Populer?

1. Bagaimana interaksi peserta didik difabel di sekolah inkulsi?

Jawaban: Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2010: xv), interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksi simbolik atau interaksi menggunakan simbol-simbol, seperti dengan puzzle, gambar, dan simbol-bimbol pendukung lainnya.

Interaksi khusus dengan peserta didik difabel seharusnya dilakukan secara khusus yang didukung oleh semua pihak di sekolah, supaya mereka merasa nyaman.

Rasa nyaman ini yang kemudian membuat mereka bersemangat dan kemungkinan juga dapat meraih prestasi yang mengharumkan nama sekolah.

2. Mengapa peserta didik difabel memerlukan layanan khusus?

Jawaban: Peserta didik difabel memerlukan layanan khusus karena mereka memiliki kemampuan yang berbeda dari peserta didik lain.

Difabel merupakan bentuk halus untuk menyebut kondisi seseorang yang mengalami keterbatasan, baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual.

3. Informasi penting apa yang disampaikan teks tersebut?

Jawaban: Sekolah inklusi harus memberikan layanan khusus untuk peserta didik difabel.

Layanan tersebut tidak hanya dilakukan guru pendamping, tetapi juga dari setiap elemen, seperti peserta didik lain, petugas perpustakaan, hingga petugas kantin.

Layanan khusus ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman untuk belajar di sekolah bersama peserta didik lain.

Baca Juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Jenis-Jenis Karya Ilmiah

4. Apakah di sekolah kalian juga terdapat peserta didik difabel? Jika ada, bagaimana perlakuan yang mereka terima selama berinteraksi di sekolah?

Jawaban: Adjarian bisa menyesuaikan jawaban dari pertanyaan ini dengan keadaan sekolah masing-masing.

Jika ada, coba amatilah apakah mereka sudah dilayani secara khusus oleh semua elemen (guru, siswa lain, dan staf sekolah) atau belum.

Nah, demikianlah pembahasan soal seputar teks artikel ilmiah populer "Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi".