adjar.id - Iklan sering kali kita jumpai di media elektronik.
Media elektronik adalah media yang menggunakan energi listrik untuk mengakses berbagai konten.
Media elektronik yang sering kita jumpai, yaitu media televisi, radio, dan media yang tersambung ke internet.
Media elektronik adalah media yang menggunakan bantuan energi listrik untuk mengakses berbagai konten.
Setiap media ini memiliki karakakter atau ciri-ciri yang berbeda.
Contohnya, iklan yang ada di media televisi berbeda dengan iklan yang ada di media radio.
Iklan yang ada di media radio juga memiliki karakteristik yang berbeda dengan media internet.
Perbedaan karakter tersebut dapat dibedakan melalui unsur-unsur iklan yang ada disetiap media.
Lalu, apa saja unsur-unsur iklan yang ada di media elektronik? Yuk, kita simak pembahasan berikut!
"Media elektronik menanmpilkan iklan dengan karakteristik yang berbeda-beda."
Baca Juga: Pengertian Iklan Elektronik dan Jenis-Jenis Iklan Elektronik
1. Unsur Iklan Media Televisi
Media elektronik televisi memiliki unsur-unsur iklan sebagai berikut.
- Suara: Sudara dalam iklan di media televisi berupa suara manusia, hewan, tumbuhan, musik, dan efek suara lainnya.
- Gambar: Iklan di televisi memiliki gambar yang menampilkan produk yang ditawarkan atau orang yang menggunakan produk tersebut.
- Gerak: Iklan di televisi memiliki gambar yang bisa bergerak dan bisa menarik perhatian penonton.
- Tulisan: Iklan di televisi bisa menampilkan tulisan singkat untuk menjelaskan produk dan mudah dilihat.
"Iklan media televisi memiliki unsur suara, gambar, gerak, dan tulisan."
2. Unsur Iklan Media Radio
Iklan media elektronik radio hanya memiliki satu unsur saja, yaitu suara.
Baca Juga: Perbedaan Iklan Visual, Audio, dan Audio Visual
Suara yang ada di iklan radio dapat berupa kata-kata penyiar yang sudah disusun dengan teratur, musik, dan efek suara.
"Unsur iklan di media radio adalah suara."
3. Unsur Iklan Media Internet
Media yang menggunakan sambungan internet, seperti ponsel dan laptop memiliki unsur-unsur iklan sebagai berikut.
Suara: Iklan di internet yang berbentuk video memiliki unsur suara.
Gambar: Gambar pada iklan di media internet dapat berupa produk atau orang yang menggunakan produk tersebut.
Tulisan: Tulisan yang terdapat di iklan internet menggunakan tulisan yang singkat dan mudah terlihat untuk menjelaskan produk.
Gerak: Gambar gerak dalam iklan internet berupa video atau animasi. Selain itu, tulisan pada iklan media internet juga dapat bergerak.
Nah, itulah unsur-unsur iklan yang ada di media elektronik televisi, radio, dan internet, Adjarian.
Baca Juga: Macam-Macam Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Kelas 5 Tema 9
Sekarang jawab pertanyaan di bawah ini, yuk!
Pertanyaan |
Apa yang dimaksud dengan media elektronik? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |