Jawab Soal Sifat-Sifat yang Harus Dihindari dalam Melakukan Kerja Sama

By Nabil Adlani, Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:00 WIB
Adanya kerja sama dapat memudahkan pekerjaan yang dilakukan. (unsplash)

adjar.id – Adjarian, ada beberapa sifat yang harus dihindari saat melakukan kerja sama.

Kerja sama merupakan suatu usaha yang dilakukan bersama-sama dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama juga.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 7 SMP edisi revisi 2017 terdapat satu soal dalam Uji Kompetensi 5.2 di halaman 135.

Pada soal Uji Kompetensi 5.2 tersebut kita diminta menjelaskan mengenai sifat-sifat yang harus dihindarkan dalam melakukan kerja sama yang juga menjadi materi PPKn kelas 7 smp.

Baca Juga: Kontribusi Kerja Sama Antarnegara bagi Indonesia dalam Bidang Politik

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas jawaban soal tersebut sebagai bahan referensi Adjarian nantinya saat mengerjakan soal tersebut.

Saat melakukan kerja sama akan ada beberapa pemikiran yang berbeda dari setiap orang di dalamnya.

Agar tidak timbul perpecahan dalam kerja sama maka perlu adanya rasa tanggung jawab dengan mencoba menyelesaikan perbedaan pemikiran tersebut dengan baik-baik.

Lalu, apa saja sifat yang harus dihindari saat melakukan kerja sama? simak penjelasan berikut ini, yuk!

1. Mementingkan Ego Sendiri

Kerja sama merupakan suatu pekerjaan yang mementingkan sebuah kebersamaan, baik dari diri kita dan juga anggota lainnya.

Tujuannya yatu agar bisa saling membantu demi tercapainya hasil yang diinginkan oleh kelompok tersebut.

Nah, saat melakukan kerja sama kita harus melepaskan ego pribadi kita, karena jika hal tersebut terjadi maka bisa menimbulkan perpecahan di dalam kelompok.

Jadi dalam kerja sama kita lebih mementingkan kelompok daripada kepentingan pribadi kita sendiri.

Baca Juga: Bentuk Kerja Sama dalam Berbagai Bidang Kehidupan Masyarakat

2. Melemparkan Kesalahan

Jika dalam berjalannya pekerjaan kita membuat kesalahan sebisa mungkin kita mengakui kesalahan kita dan jangan melemparkannya ke orang lain.

Saat kita melemparkan kesalahan yang kita buat ke orang lain maka bisa menimbulkan perselisihan di kelompok yang menghambat kerja sama tim.

Maka dari itu, mengakui ke salahan yang dibuat merupakan perilaku berani yang bisa membuat teman kelompok akan bersimpati.

Sehingga akan bersama-sama mencari jalan keluar masalah tersebut dan terhindar dari perpecahan kelompok.

3. Menghindari Permusuhan

Dalam melakukan kerja sama, kita harus menjaga persahabatan dengan teman satu tim kita.

Hal ini penting demi menjaga keutuhan kelompok dan juga persahabatan yang sudah terjalin.

Nah, jika terjadi permusuhan maka bisa menimbulkan banyak permasalahan baru, seperti timbul konflik, pekerjaan yang terhambat, permusuhan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan

4. Tidak Mengejek Teman

Saat kita sedang melakukan kerja sama, dan teman kita ada yang melakukan kesalahan, maka kita tidak boleh mengejeknya.

Jika kita mengejeknya maka bisa menimbulkan masalah baru di dalam kelompok yang malah bisa memperparah suasana kelompok.

Maka dari itu, saat temen melakukan kesalahan ada baiknya kita membantunya dan bertanya apa kesulitan yang dihadapinya.

Dengan begitu, teman kita akan berubah dengan melakukan pekerjaan lebih baik lagi dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

5. Menggampangkan Peran Teman Lain

Sebuah kerja sama bisa berjalan dengan baik jika kita bisa menghargai peran teman lainnya.

Nah, jika kita menggampangkan kontribusi yang dilakukan teman kita karena sangat kecil hal ini bisa membuat timbulnya perpecahan.

Kontribusi sekecil apapun dalam kerja sama tetap bisa berguna dan berperan penting dalam keberhasilan kelompok.

Baca Juga: Apa Perbedaan Gotong Royong dan Kerja Sama? Ini Penjelasan dan Contohnya

6. Menganggap Diri Paling Penting

Kerja sama merupakan pekerjaan yang dilakukan bersama-sama, dan tanpa bantuan orang lain pekerjaan tersebut belum tentu bisa terselesaikan.

Nah, kita tidak boleh bersifat merasa diri kita paling penting dan paling berjasa dalam hasil yang sudah diselesaikan.

Sifat seperti itu bisa membuat teman kita membenci kita karena merasa pekerjaan mereka tidak dihargai.

Maka dari itu, penting untuk menghargai kerja teman-teman lainnya yang bisa membuat pekerjaan kelompok bisa selesai.

Nah, itulah tadi sifat yang harus dihindari saat melakukan kerja sama yang bisa menjadi referensi Adjarian saat menjawab soal Uji Kompetensi 5.2 di halaman 135, ya.